-->

Kadisdik Ilyas Sitorus : Batu Bara Dapat Pendampingan Dari Kemendikbud Program Guru Penggerak

Sabtu, 13 Maret 2021 / 22.00

Bupati Batu Bara diwakili Kadisdik Ilyas Sitorus membuka pendampingan pendaftaran secara luring Program Guru Penggerak.

BATU BARA, KLIKMETRO.COM - Bupati Batu Bara Ir Zahir MAP diwakili Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Batu Bara Ilyas Sitorus, Sabtu (13/3/2021), membuka pendampingan pendaftaran secara luring Program Guru Penggerak oleh Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus di aula rumah dinas Bupati Batu Bara Komplek PT Inalum Tanjung Gading Sei Suka.

Mengutip ucapan Bupati Batu Bara, Ilyas Sitorus mengatakan Insya Allah dengan Program Guru Penggerak khususnya pendidikan di Batu Bara dan umumnya di Indonesia akan lebih maju dan baik. Karena  program ini menciptakan pembelajaran yang berpusat pada murid dan menggerakkan ekosistem pendidikan yang lebih baik. Guru Penggerak adalah pemimpin pembelajaran yang mendorong tumbuh kembang murid secara holistik, aktif dan proaktif dalam mengembangkan pendidik lainnya untuk mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat kepada murid, serta menjadi teladan dan agen transformasi ekosistem pendidikan untuk mewujudkan profil pelajar Pancasila.

Kadisdik mengucapkan terimakasih kepada Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud  yang telah memberikan pendampingan dalam pendaftaran di Batu Bara.

“Bupati sangat berharap keseriusan semua peserta dalam mengikuti kegiatan ini. Tidak semua kabupaten/kota punya kesempatan seperti Batu Bara yang didampingi oleh Kemendikbud dan LPMP Sumatera Utara secara langsung. Oleh karenanya kita diminta menunjukkan keseriusan dengan menyelesaikan pendaftaran sampai benar – benar tuntas,” kata Ilyas.

Dikatakan Ilyas,  Kemendikbud  mempunyai perhatian lebih kepada Batu Bara kepada Batu Bara. Seperti baru-baru ini Kabupaten Batu Bara juga mendapatkan kesempatan sebagai penerima progrqm GIZ German terkait program kebersihan dan kesehatan, begitu juga Batu Bara ditetapkan ikut sebagai Program Sekolah Penggerak angkatan pertama dan program lainnya dari Kemendikbud.

Lebih lanjut, Kadisdik yang akrab disapa Ncekli mengatakan kegiatan ini sangat luar biasa. Peserta dan panitia semua aktif dan bekerja dengan pendampingan tim GTK Kemendikbud dan LPMP Sumut serta GTK Disdik Batubara. Diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan diakhir kegiatan menyanyikan lagu Padamu Negeri.

Pada kegiatan itu tampak hadir dari Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus drg Fitri Kuswardani, MSEd menyampaikan Program Guru Penggerak ini merupakan salah satu program yang dapat mendorong guru untuk meningkatkan kompetensi sebagai pemimpin pembelajaran yang berpusat pada murid.

Fredy Silalahi dari LPMP Sumatera Utara yang turut bersama dalam pendampingan  pendaftaran secara luring Program Guru Penggerak mengatakan  transformasi pendidikan yang kita cita-citakan bersama, hanya bisa terwujud di saat semua pemangku kepentingan berorientasi pada murid.

“Dengan program ini kita bangkit. Kami akan bantu proses pendaftaran bapak ibu, makanya kita ada bersama bapak ibu,” sebutnya.

Kabid GTK Disdik Batu Bara, Ruslan sangat senang program ini akan berhasil di Batu Bara. ‘Saya lihst tadi bagaimana Ibu Fitri dan Pak Fredy terus melayani pertanyaan yang disampaikan oleh guru – guru dan semua diterangkan dengan jelas sehingga pertemuan ini menurut saya sangat bermanfaat dan membantu. Terimakasih untuk semua terkhusus kepada Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud Jakarta yang sudah menetapkan Batu Bara dalam pendampingan pendaftaran kali ini,” sebutnya.

Ruslan lebih lanjut mengatakan peserta pendampingan pendaftaran seluruhnya ada 100 orang dan sudah banyak di antara peserta yang menyelesaikannya. Diharapkan batas akhir tanggal 15 Maret 2021 pukul 00.00 WIB Batu Bara bisa menyelesaikannya 100 persen.

Hadir dalam kegiatan tersebut Sekretaris Disdik Darwinson Tumanggor, Kasi Kasubbag di lingkungan Disdik, Ketua MKKS  SMP Tobok Situmorang, Ketua K3S se Kabuoaten Batu Bara serta peserta  Program Guru Penggerak Jenjang TK/PAUD, SD dan SMP se Kabupaten Batu Bara. (hotlan)
Komentar Anda

Terkini