Kerap Terjadi Banjir, PAC PBB Siantar Gotroy Bersihkan Saluran Drainase Jalinsum

Minggu, 21 Maret 2021 / 15.46

PAC PBB Kecamatan Siantar bergotong royong membersihkan drainase di jalinsum.

SIMALUNGUN, KLIKMETRO.COM - Pimpinan Anak Cabang Pemuda Batak Bersatu (PAC PBB) Kecamatan Siantar bergotong royong membersihkan saluran drainase di Jalan Lintas Sumatera ( jalinsum) Siantar Perdagangan, Minggu (21/3/2021)  Kegiatan ini dilaksanakan mulai pukul 09.00 wib.

Lokasi pelaksanaan gotong royong tersebut berada di KM 8, Simpang Batu 8, Nagori Dolok Hataran, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun.

Menurut Ketua PAC PBB Kecamatan Siantar, Johannes Napitu, kegiatan ini dilakukan atas adanya permohonan dari Pangulu (kepala desa), Nagori Dolok Hataran.  Suwardi, kepala desa tersebut mengeluhkan bahwa di lokasi jalinsum KM 8) ini kerap terjadi banjir parah hingga mengganggu pengguna jalan.

Diduga penyebabnya adalah seringnya tersumbat drainase dan sedimentasi dilokasi tersebut. Untuk itu dilakukan tindakan gotong royong oleh PAC PBB Kecamatan Siantar.

Puluhan pengurus dan anggota PBB tampak turut serta dalam aksi gotong royong hari itu.

"Ada permintaan dari pak Pangulu Dolok Hataran untuk melaksanakan pembersihan dilokasi tersebut. Ini dilakukan karena daerah yang berada di jalinsum tersebut kerap terjadi banjir apabila hujan turun. Tak jarang, banjir yang terjadi mengganggu aktivitas pengguna jalan. Bahkan, kendaraan yang melintas sering mogok saat melintasi jalan tersebut yang sudah digenangi air,"ujar Yohannes Napitu.

Kedepan kita akan terus melakukan kegiatan sosial seperti ini. Kita berharap, sedikit yang kita telah lakukan dapat membantu kepentingan umum dan masyarakat, imbuhnya.

Sementara itu, Suwardi, Pangulu Nagori Dolok Hataran kepada wartawan menjelaskan, pihaknya sengaja meminta bantuan  kepada PAC PBB Kecamatan Siantar untuk melaksanakan gotong royong dilokasi simpang batu 8. Sebab, menurut Suwardi, ditempat tersebut merupakan kawasan yang kerap terjadi banjir bila hujan terjadi sebentar saja. 

"Di lokasi ini terjadi sumbatan pada drainase dan sedimentasi. Untuk itu kami meminta bantuan kepada PAC PBB Kecamatan Siantar. Alhamdulilah, pihak PAC PBB Kecamatan Siantar meresfon hingga gotong royong hari ini terlaksana dengan baik dan lancar," kata Suwardi.

Masih kata Suwardi, jarang sekali OKP atau pun Ormas yang mau melakukan tindakan seperti ini. "Kami sangat bersyukur atas keberadaan Organisasi PAC PBB Kecamatan Siantar. Kedepan kami juga akan melibatkan masyarakat kami untuk bergabung dengan PBB ini. Kami berharap, PAC PBB Kecamatan Siantar tidak henti - hentinya berkarya dengan melakukan kegiatan sosial seperti ini. Mudah - mudahan PBB semakin jaya dikemudian hari,"ungkapnya.

Sementara itu, selain dari PAC PBB Kecamatan Siantar, hadir juga dalam gotong royong ini perangkat Nagori Dolok Hataran. Bahkan, Bahbinsa Dolok Hataran, Serda Ermayanto juga turut menyempatkan diri dalam pelaksanaan gotong royong ini.

Tampak juga armada mobil tangki air milik Posko Covid Kabupaten Simalungun untuk melakukan penyemprotan di lakosi berlumpur akibat pengangkatan sedimentasi. (rel)

Komentar Anda

Terkini