Kolaborasi 'Medan Berkah' Dengan UMKM Wujudkan Medan Pusat Kuliner Asia

Minggu, 07 Maret 2021 / 21.14

Ketua Komisi III DPRD Medan M Afri Rizki Lubis.

MEDAN, KLIKMETRO.COM - Ketua Komisi III DPRD Medan, M. Afri Rizki Lubis, S.M, M.I.P menyambut baik dan sangat mendukung program Walikota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution, yang berjanji akan berkolaborasi dengan segenap stakeholder untuk membenahi dan mengangkat marwah Kota Medan menjadi kota yang menjadi wisata kuliner dan 'Pusat Kuliner Asia', hal ini dinyatakan saat bertemu dengan Duta Besar India di Medan. 

Menurut pria yang akrab disapa Rizki ini, dengan posisi yang strategis dan keberagaman penduduk Kota Medan menjadikan kuliner yang tersedia di Medan merupakan hasil dari akulturasi etnis dan percampuran budaya yang ada, baik Melayu, Jawa, Batak Toba, Karo, Mandailing, Pakpak, Nias, Angkola, Sunda, Banjar, Aceh  Minang,  Tionghoa dan Tamil.

"Walikota pun bertekad menjadikan kawasan Kesawan sebagai kota warisan kuno yang artistik yang akan mengundang wisatawan ke Kota Medan. Untuk menunjang sektor pariwisata juga tak kalah pentingnya adalah kuliner yang menjadi daya tarik wisatawan untuk datang ke Kota Medan," ujar Rizki kepada wartawan, Minggu (7/3/2021).

Untuk menjadikan Kota Medan sebagai Pusat Kuliner Asia, kata Rizki, Pemko Medan dibawah kepemimpinan Bobby Afif Nasution dan Aulia Rahman hendaknya juga menggandeng pelaku UMKM yang merupakan sektor yang menjadi tulang punggung perekonomian masyarakat Indonesia di Kota Medan.

"Mayoritas pelaku sektor UMKM di Kota Medan bergerak di usaha kuliner atau makanan dan minuman yang menghadirkan berbagai varian rasa dan penyajiannya, dari mulai makanan dan minuman tradisional yang dijajakan di pinggir jalan sampai ke kafe dan restoran," ungkap Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Medan kni.

Saat pandemi Covid 19 ini saja, lanjut Rizki, sektor UMKM kuliner masih tetap eksis dan bertahan dari berbagai kesulitan akibat dampak pandemi yang cukup panjang.

"Jadi Pemko Medan perlu pula berkolaborasi dengan UMKM yang merupakan bentuk kepedulian dan pemberdayaan masyarakat sekaligus membawa kuliner khas Medan menjadi go-internasional dan mendukung sektor pariwisata Kota Medan menjadi penyumbang PAD dan berkontribusi terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat,"pungkasnya. (mar)
Komentar Anda

Terkini