-->

Dinas Pertanian Langkat Tingkatkan Swasembada Pangan Dengan Pembangunan Irigasi dan Pengembangan Ternak Sapi Suntik

Selasa, 06 April 2021 / 11.55

Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan meningkatkan swasembada pangan dengan pembangunan irigasi dan pengembangan ternak sapi suntik.

LANGKAT, KLIKMETRO.COM - Pemkab Langkat melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Langkat melalui pemerintah pusat dari dana APBN tahun 2021/2022 sedang membangun infrastruktur dam untuk irigasi yang diproyeksikan untuk mengairi 8000 ha sawah untuk 4 kecamatan dari 11000 ha sawah tadah hujan.

Selain sektor pertanian sektor peternakan Langkat telah ajukan 25 kuota kelompok tani ternak yang sudah direalisasikan pemerintah pusat melalui Provinsi Sumatera Utara 7 kuota kelompok tani.

Kadis pertanian dan ketahanan pangan Kab.Langkat Nasiruddin SP menjelaskan, untuk meningkatkan swasembada beras dan swasembada daging Dinas pertanian dan ketahanan pangan Langkat memiliki lahan yang cukup luas sekitar 38.000 ha untuk pertanian.

Juga kelompok tani ternak cukup berminat mendukung program Insaminasi buatan (IBI) yaitu pengembangan ternak sapi suntik dimana di harapkan dengan berbasis pengembangan sapi suntik nantinya dapat mensuplai kebutuhan daging baik hari biasa dan hari besar ke agamaan seperti Hari raya Quran .

"Kepada kelompok tani dan ternak marilah kita bersyukur dan memanfaatkan dan memelihara amanah yang telah di berikan kepada kita dengan bertanggung jawab sehingga dapat mensejahterakan untuk seluruh anggota dan masyarakat luas juga saya berharap Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Provinsi Sumatera Utara untuk menambah tenaga teknis dan penyuluh baik pertanian dan peternakan yang masih terbatas di lapangan," terang Nashiruddin mengakhiri penjelasannya.

Sebagaimana diketahui pada tahun 2016 Kabupaten Langkat mendapat penghargaan tertinggi dari Provinsi Sumatera Utara sebagai daerah Swasembada pangan dengan tiga sektor yaitu pertanian, peternakan dan ketahanan pangan.

Selain mampu meningkatkan taraf hidup petani ternak Kabupaten Langkat  juga telah membangun kampung ternak pada tahun 2018 dan peresmiannya juga ditandai dengan penandatanganan prasasti untuk kegiatan terintegrasi ternak dan tanaman yang dihadiri oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumut.

Kabupaten Langkat terdapat lima kelompok petani peternak yaitu : kelompok tani ternak Lembah Sari, Kelompok tani ternak cinta tani kebun balok , Kelompok tani ternak Cempaka Desa, Kelompok tani ternak Sempurna.

Desa Kebun Balok dan Desa Besilam Bukit Lembasa disebut juga Desa berbasis kampung ternak dalam wilayah Kecamatan Wampu sesuai data Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Langkat. (irwan/tepu)
Komentar Anda

Terkini