Pemilik Mobil Mengeluh, Uji Kir di Karo Malah Disuruh ke Medan

Rabu, 26 Mei 2021 / 23.46

Kantor Pengujian Kir Dinas Perhubungan Kabupaten Karo.

KARO, KLIKMETRO.COM - Pengguna kendaraan mobil, mulai dari pick up, mobil berpenumpang, roda enam, baik kendaraan dua sumbu untuk angkutan barang dan mobil bus, mengeluh sulitnya mendapatkan sertifikat uji KIR di Kabupaten Karo. Bahkan untuk pengurusan ini, mereka malah direkomendasikan untuk uji kir di Medan.

Keluhan ini disampaikan Ginting, pengendara mobil kepada wartawan di Kabanjahe, Selasa (25/5/2021). 

Diungkapkan Ginting, sulitnya mendapatkan sertifikat uji kir di Kabupaten Karo. "Padahal plat mobil kami bernomor polisi Tanah Karo, sehingga untuk melakukan uji harus di Kabupaten Karo. Sertifikat uji kir harus dimiliki setiap kendaraan berhubung parjalaan mobil lintas Sumatera. Para sopir kerap mengeluh karena sering terkena rajia baik dikabupaten maupun di provinsi lain,"ujarnya.

Lanjutnya lagi, dirinya datang ke pengujian kir di kantor Dinas Perhubungan Karo Jalan Samura Kabanjahe, para pegawai hanya memberikan surat rekomendasi untuk melakukan ujir kir ke kota Medan. "Coba bapak bayangkan, untuk mendapatkan sertipikat kir harus ke kota Medan," ujarnya pada wartawan. 

Ginting mengaku sulitnya uji kir sudah berlangsung lama, hampir tiga tahun lamanya. "Tahun sebelumnya saya pernah melakukan uji kir ke Kabupaten Dairi. Berhubung di Kabupaten Dairi tidak diperbolehkan lagi, maka uji kir dilakukan di kota Medan. Untuk itu kami berharap kepada bupati Karo agar memperbolehkan kami melakukan uji kir di Karo. Sebab uji kir di luar daerah sangat membebani waktu dan biaya," harapnya. 

Kepala dinas perhubungen kabupaten Karo Gelora Fajar Purba dicoba dikonfirmasi wartawan, melalui whatsapp tidak ada balasan sampai berita dikirim ke redaksi. Padahal pesan yang dikirim sudah tanda centang dua biru, namun tak diperoleh balasan apapun.(erwin)

Komentar Anda

Terkini