Horas Bangso Batak Desak Pemerintah Segera Tutup PT TPL

Kamis, 24 Juni 2021 / 17.25

Para pengurus Horas Bangso Batak mendesak pemerintah segera menutup PT TPL.

MEDAN, KLIKMETRO.COM - Dalam rangka akan dilaksanakannya pedeklarasian, digelar rapat Dewan Pimpinan Kecamatan (DPK) Horas Bangso Batak (HBB) se-Kota Medan bersama DPK HBB Kabupaten Deli Serdang dan DPC HBB kabupaten Deli Serdang di Sekretariat DPC HBB Kota Medan, Jalan Bajak II No 68 Kelurahan Harjosari II, Medan Amplas, Rabu (23/6/2021).

Dalam waktu dekat ini, Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) HBB Kota Medan, Thomon M. Parapat, SH, mengundang masing-masing Pengurus DPK HBB se-Kota Medan guna membahas agar PT TPL di Toba segera ditutup.

Dari kegiatan tersebut, dihadiri DPC HBB kota medan dan DPC HBB kabupaten Deli Serdang ketua dan pengurus DPK HBB se-Kota Medan yang hadir, terdiri dari HBB DPK Medan Amplas, HBB DPK Medan Denai, HBB DPK Medan Perjuangan, HBB DPK Medan Labuha5nm dan HBB DPK Medan Belawan.

"Kehadiran Perseroan Terbatas Toba Pulp Lestari (PT. TPL) di wilayah tanah Batak Sumatera Utara (Sumut), menimbulkan polemik panjang yang tidak berkesudahan dengan masyarakat adat yang bertempat tinggal di sekitar Danau Toba tersebut,"kata Tomson. 

Dengan adanya gejolak tersebut, muncul sebuah petisi oleh Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Horas Bangso Batak (Ketum DPP HBB) Lamsiang Sitompul SH. MH, yang diwakili oleh Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) HBB, Thomson M. Parapat SH, agar PT TPL segera ditutup dan tanah adat disana dikembalikan ke masyarakat adat. 

"Kita hari ini melaksanakan pertemuan dengan sejumlah Ketua dan Pengurus DPK HBB se-Kota Medan dan DPC HBB kabupaten Deli serdang Dan DPK HBB Deli Serdang untuk membahas perusahaan PT TPL yang selama ini diduga telah merusak hutan dan taman masyarakat di kawasan Tapanuli dan kerap terlibat bentrok antar warga Desa Natumingka, Kecamatan Borbor, Kabupaten Toba dengan pekerja PT TPL,''bilang Tomson dalam pertemuan tersebut.

Oleh karena itu, lanjutnya, diharapkan agar pemerintah untuk segera menutup perusahaan tersebut. Karena perusahan yang dulu bernama PT Inti Indorayon Utama itu dinilai merusak lingkungan di kawasan Danau Toba, Sumatera Utara (Sumut).

"Dengan ini kami nyatakan Organisasi Horas Bangso Batak meminta pemerintah menutup PT TPL. Apabila dalam tempo satu bulan ini tidak ditutup juga oleh pemerintah atau instansi terkait, maka kami akan melakukan aksi demo damai di jalanan sampai perusahaan TPL benar-benar ditutup,"tegas Tomson.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut, Sekretaris DPP HBB Reky Nelson Barus, Humas DPP HBB Lamser Sihombing, Hendri Surbakti, Humas DPC HBB Togu Sihite, Ketua DPK Medan Denai Tumbur Sirait, Ketua DPK HBB Belawan. Ketua DPK Medan Kota, Ketua DPK Deli Tua, Ketua Generasi Muda HBB Kota Medan dan ketua DPC HBB kabupaten Deli Serdang bersama DPK HBB Deli Serdang. Kegiatan ini mengikuti anjuran pemerintah dengan mentaati protokol kesehatan (prokes). (hotlan)

Komentar Anda

Terkini