-->

Cegah Penularan Covid-19, 15 Penghuni Panti Asuhan Dievakuasi ke Lokasi Isoter

Sabtu, 07 Agustus 2021 / 18.46

Belasna anak panti asuhan dibawa ke lokasi isoter pasca terkonfirmasi positif covid-19.

MEDAN, KLIKMETRO.COM -  Sebanyak 15 penghuni Panti Asuhan Anak Gembira di Jalan Tembakau Raya, Perumnas Simalingkar, Kecamatan Medan Tuntungan, Kota Medan, terkonfirmasi positif covid-19. Hal ini diketahui berdasarkan hasil swab PCR.

Tak ingin terjadi penularan lebih jauh lagi, Plt. Camat Medan Tuntungan Harry Indrawan Tarigan bersama Pemerintah Kelurahan Mangga berkolaborasi dengan Puskesmas Simalingkar memberikan edukasi kepada pemilik Panti Asuhan Gembira agar anak-anak panti yang terkonfirmasi positif virus corona segera ditempatkan di isolasi terpadu (isoter). Hal ini merupakan upaya memutus mata rantai penyebaran covid. 

"Berdasarkan hasil swab PCR, didapati 15 orang penghuni panti asuhan diantaranya 12 anak-anak dan 3 pengurus panti positif covid-19. Kami segera gerak cepat untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk terhadap penghuni panti dan berupaya memindahkan penghuni ke tempat isoter,"kata Lurah Mangga Wandro A. A. Malau SSTP kepada wartawan di Posko Covid-19 Kecamatan Medan Tuntungan, Sabtu (7/8/2021).

Lurah menambahkan, setelah mendapat persetujuan dari pengelola Panti Asuhan Anak Gembira B. Ritonga, mereka lalu berkoordinasi ke Gedung Pusat Pengembangan, Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P4TK) untuk penyediaan ruang kamar isoter dan penjemputan mobil ambulance.

"Para penghuni panti asuhan ini dijemput dua mobil ambulance dari Dinas Kesehatan Pemko Medan ke fasilitas isoter P4TK,"kata lurah seraya menyebutkan, pemindahan ini dilakukan untuk menghindari tertularnya anak-anak lain yang menghuni panti asuhan tersebut.

“Di sana kan banyak anak-anak. Dari seluruh jumlah mereka, ada 15 yang terpapar. Jadi kami evakuasi agar mereka tidak menularkan. Kami bawa mereka bersama pengasuhnya. Semua kami fasilitasi,” katanya. 

Menurutnya, saat ini terdapat tiga fasilitas yang dijadikan menjadi tempat isolasi terpusat di Kota Medan. Yakni RSU Pirngadi Medan untuk pasien dengan gejala berat. Kemudian bangunan bekas Hotel Soechi dan Gedung P4TK bagi pasien dengan gejala ringan.(hot)

Komentar Anda

Terkini