-->

Edy Rahmayadi Instruksikan Satgas dan RS Saling Terintegrasi Terkait Ketersediaan ICU

Sabtu, 14 Agustus 2021 / 06.28

Gubsu Edy Rahmayadi menginstruksikan Satgas Covid-19 dan rumah sakit saling terintegrasi terkait ketersediaan ICU. 

MEDAN, KLIKMETRO.COM -  Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menginstruksikan kepada jajaran Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Sumut untuk membangun memanajemen sistem yang terintegrasi dengan pihak Rumah Sakit (RS), sehingga penanganan pasien Covid-19 yang membutuhkan perawatan di  Intensive Care Unit (ICU) dapat tertangani baik.

"Satgas dan pihak RS harus siap sedia selama 24 jam, serta tetap berkomunikasi dalam hal ketersedian ruangan, termasuk ICU. Jadi masyarakat bisa menghubungi Satgas, kemudian Satgas yang akan menempatkan ruang ICU dimana yang tersedia," ucap Gubernur Edy Rahmayadi, pada rapat evaluasi penanganan Covid-19 bersama seluruh pihak RS secara virtual di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur Sumut, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 41, Medan, Jumat (13/8/2021).

Hadir di antaranya, Liaison Officer (LO) BNPB untuk Satgas Penanganan Covid-19 Sumut Mayjen (Purn) Dahlan Harahap, Sekretaris Satgas Penanganan Covid-19 Sumut Arsyad Lubis, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sumut Irman Oemar.

Dalam arahannya, Edy Rahmayadi juga memerintahkan Satgas Covid-19 Sumut untuk bertindak lebih serius tentang penerapan protokol kesehatan (Prokes) pada masyarakat. Karena, Ia melihat masyarakat masih banyak yang mengabaikan menggunakan masker di area publik.

"Bagaimana caranya agar kesadaran memakai masker ini lebih tertib di masyarakat. Saya lihat di pasar dan tempat umum lainnya masih banyak yang tidak menggunakan masker. Saya minta satu kegiatan harus di evaluasi, kita harus tahu mengantisipasi kenaikan ini yang dapat menjadi gejolak politik," katanya.

Selanjutnya, Edy Rahmayadi juga meminta pada Satgas untuk dapat menyosialisasikan penggunaan obat herbal seperti Sambiloto, meniran dan sebagainya kepada masyarakat, untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Sumut Irman Oemar mengatakan, saat ini Dinas Kominfo akan menyiapkan aplikasi yang diperuntukkan untuk Satgas Penanganan Covid-19 Sumut yang terintegrasi dengan RS.

"Di aplikasi ini nanti semua informasi mengenai Covid-19 di Sumut akan tersedia, dan akan terintegrasi dengan RS, jadi masyarakat dapat mengaksesnya dengan cepat," katanya. (mr)

Komentar Anda

Terkini