-->

Malaysia Lockdown, 20.000 TKI Tunggu Dipulangkan

Jumat, 20 Agustus 2021 / 17.21

Tenaga Kerja Indonesia.

DELI SERDANG, KLIKMETRO.COM - Sebanyak 20.000 pekerja migran Indonesia saat ini menunggu dipulangkan dari  Malaysia.

Mereka tertahan di Malaysia setelah pemerintah setempat memutuskan untuk memperpanjang kebijakan karantina wilayah atau lockdown. 

“Iya ada sekitar 20 ribu lagi yang belum dipulangkan,” kata anggota DPRD Sumut Tuahman saat meninjau kepulangan 152 orang pekerja migran Indonesia dari Malaysia di Bandara Internasional Kualanamu, Deliserdang, Sumatera Utara (Sumut), Kamis (19/8/2021). 

Saat ini Pemerintah Indonesia terus berusaha untuk memulangkan para pekerja migran tersebut. Pemerintah juga memasok logistik untuk pekerja migran yang tertahan di Malaysia. 

“Kementerian Luar Negeri sudah memberikan pasokan logistik kepada mereka sembari terus berupaya melakukan proses pemulangan,” ujarnya. 

Sebelumnya, 152 orang Pekerja Migran Indonesia dipulangkan dari Malaysia ke tanah air. Mereka dipulangkan dengan menggunakan maskapai Malindo Air dan tiba diBandara Internasional Kualanamu, Deliserdang, Sumut. 

Para pekerja migran ini berasal dari Sumut, Aceh, Riau dan Sumatera Selatan. Mereka dipulangkan setelah pemerintah Malaysia memutuskam untuk melanjutkan kebijakan karantina wilayah (lockdown) akibat Pandemi Covid-19. 

Setibanya di Bandara Kualanamu, satu persatu para pekerja migran mengikuti pemeriksaan sesuai dengan protokol kesehatan (Prokes) yang berlaku. Mereka diperiksa oleh petugas dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Medan.

Setelah menjalani pemeriksaan, 152 orang pekerja migran itu dibawa ke salah satu hotel di Jalan Darusalam, Kota Medan untuk menjalani karantina sebelum akhirnya diperbolehkan pulang ke daerahnya masing-masing.(in)

Komentar Anda

Terkini