-->

Patroli Prokes & PPKM, Puluhan Pengunjung dan Pekerja Cafe Jalani Swab Antigen

Kamis, 19 Agustus 2021 / 15.58

Muspika Helvetia bersama petugas gabungan satgas melakukan swab antigen pengunjung dan pekerja kafe. 

MEDAN, KLIKMETRO.COM - Muspika Helvetia bersama petugas gabungan Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19, kembali melakukan patroli protokol kesehatan (prokes) dan penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di sejumlah tempat usaha.

Kegiatan ini merupakan komitmen untuk menekan angka peningkatan penyebaran covid-19. Salah satunya, intens melakukan penghimbauan dan razia penerapan protokol kesehatan (prokes) serta penertiban tempat - tempat aktivitas kerumunan masyarakat

Dalam razia tersebut, petugas langsung melakukan tes swab antigen terhadap puluhan pengunjung dan pekerja di dua kafe. Yakni cafe/Warkop Iqbal Komplek Perumahan Bumi Asri Jalan Asrama Kelurahan Cinta Damai dan Warkop King Kuphi Jalan Gaperta Ujung Kelurahan Tanjung Gusta, Rabu (18/8/2021) malam hingga Kamis dinihari (19/8/2021). 

"Sebanyak 25 orang pengunjung dari kedua kafe dan warkop yang kita lakukan swab test antigen di tempat saat terjaring dalam pelaksanaan prokes yang kita laksanakan. Alhamdulillah, tim medis dari tim kesehatan dan Puskesmas Helvetia melakukan penanganan, hasil swab test antigen negatif atau nonreaktif,"kata Camat Helvetia Andi Mario Siregar.AP.S.Sos bersama Kapolsek Medan Helvetia Kompol Pardamean Hutahaean SH SIK MH, Kepala Puskesmas Medan Helvetia dr.Zulheri dan Sekcam Medan Helvetia Alexander Sinulingga.S.STP.MSi.

Dimana dalam razia tersebut, petugas langsung melakukan tes swab antigen terhadap pekerja dan pengunjung dari kafe tersebut yang masih nekat melayani makan di tempat dari batas waktu yang ditentukan di masa  pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4, sesuai anjuran Pemerintah, Mendagri, Gubsu dan Walikota Medan.

Kapolsek Helvetia, Kompol Pardamean menyebutkan razia berlangsung hingga Kamis dinihari. Kegiatan ini sekaligus untuk memantau langsung dan mengantisipasi gangguan kamtibmas yang berada di wilayah Medan Helvetia di masa PPKM Level 4.

"Pada razia prokes ini, tim gabungan turut memberikan himbauan kepada pemilik usaha makanan dan minuman agar selalu mematuhi prokes.Seperti memprioritaskan layanan take away. Apabila pelayanan makan di tempat harus dilakukan secara terbatas dengan menerapkan prokes secara menyeluruh dan menjaga jarak," papar kapolsek.

Pada razia ini, pelaku usaha diingatkan untuk mewajibkan karyawan dan konsumen menggunakan masker, menyediakan tempat cuci tangan dan hand sanitizer, menandai jarak aman dengan garis antrian, serta melakukan kegiatan desinfektan secara berkala. 

Pardamean mengharapkan agar masyarakat mematuhi anjuran pemerintah dan disiplin menerapkan prokes 5M. 

"Marilah kita sama - sama mematuhi anjuran dari pemerintah. Kita disiplin menerapkan prokes 5M, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas," imbaunya.  

Sebelum pelaksanaan kegiatan razia, Camat Medan Helvetia Andi Mario Siregar.AP.S.Sos memimpin apel pelaksanaan kegiatan razia Penghimbauan dan Penertiban PPKM Level 4 di halaman Kantor Camat Medan Helvetia, sekira pukul 21.00 wib. (hot/mr)

Komentar Anda

Terkini