-->

Wakil Wali Kota Medan Saksikan Pelepasan Merdeka Ekspor 2021

Minggu, 15 Agustus 2021 / 20.06

Pelepasan Merdeka Ekspor 2021.

MEDAN, KLIKMETRO.COM -Wali Kota Medan, Bobby Nasution diwakili Wakil Wali Kota Medan, H. Aulia Rachman menyaksikan langsung pelepasan merdeka ekspor 2021 di Terminal A Peti Kemas, Pelabuhan Gabion Belawan, Sabtu (14/8/2021).

Pelepasan ekspor komoditas pertanian ini dilepas secara virtual oleh Presiden RI, Joko Widodo secara serentak di 17 pintu ekspor baik itu Bandara maupun Pelabuhan di Indonesia. Ekspor barang komoditas pertanian ini juga diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional khususnya di tengah pandemi covid-19 saat ini.
Presiden Joko Widodo dalam sambutanya menyampaikan apresiasi kepada petani, peternak, pekebun, dan pelaku usaha agrobisnis yang selama masa pandemi telah bekerja keras tidak hanya memenuhi kebutuhan pangan masyarakat tetapi juga telah berhasil meningkatkan ekspor produk-produk pertanian. Apalagi sektor pertanian merupakan salah satu sektor yang mampu bertahan dari hantaman pandemi covid-19.

Tercatat Ekspor pertanian di tahun 2020 mencapai Rp. 451.8T atau meningkat sebesar 15.79% dibandingkan tahun 2019, dan pada semester I tahun 2021 naik sebesar 14.05% dibandingkan periode yang sama di tahun 2020. Tentunya peningkatan ekpor pertanian ini juga berdampak terhadap peningkatan kesejahteraan para petani juga.

"Menurut saya ini sebuah kabar yang baik, yang bisa memacu semangat petani kita untuk untuk tetap produktif di masa pandemi."kata Joko Widodo.

Adapun nilai ekspor produk-produk pertanian yang hari ini dilepas mencapai Rp. 7.29 T. Dimana di Pelabuhan Belawan sendiri nilai ekspor barang yang di kirim mencapai Rp. 431.6 Milyar.

Sementara itu Wakil Wali Kota Medan, H. Aulia Rachman mendukung penuh kebijakan Pemerintah Pusat dalam upaya peningkatan perekonomian khususnya disektor ekspor komoditas pertanian yang ada di berbagai Porvinsi termasuk di Provinsi Sumut.

"Pemko Medan mendukung kebijakan ini, meskipun di kota Medan sendiri tidak memiliki komoditi pertanian yang dapat di ekspor keluar, meskipun begitu kita tetap berharap adanya dukungan dari Karo ataupun Deli Serdang yang dapat membantu percepatan perekonomian nasional khususnya di Sumut."ujar Aulia Rachman. (rel)
Komentar Anda

Terkini