-->

Puluhan Tahun Tersumbat, Warga Apresiasi Pembangunan Drainase di Desa Marindal Satu

Senin, 22 November 2021 / 12.25

Beberapa warga bersama perangkat desa melihat perbaikan drainase. (f-putra/klikmetro) 

MEDAN, KLIKMETRO.COM -Pembangunan drainase sepanjang kurang lebih 140 meter, yang dilaksanakan CV. Global Gemilang di Desa Marindal 1 Kecamatan Patumbak, yang dianggarkan dalam anggaran pendapatan daerah (APBD) tahun 2021 dengan nilai Rp 198,465.000 mulai rampung.

Ir Ardianto selaku Kepala Desa Marindal I Kecamatan Patumbak Kabupaten Deli Serdang  Minggu (21/11/2021) petang menyebutkan, adanya pembangunan drainase tersebut diharapkan dapat mengurangi banjir pada musim penghujan dan juga bisa dapat dirasakan manfaatnya untuk masyarakat.

"Kita selaku kepala desa merasa senang atas terealisasinya drainase yang pangsung dari Anggaran  Pendapatan Daerah (APBD) Tahun 2021 dengan nilai Rp 198,465.000,-," ujar Ir Ardianto.

Dikatakannya, pengajuan permohonan untuk pembangunan drainase di beberapa titik di Desa Marindal I ini di ajakan ke Dinas Pekerjaan Umum (PU) atau Perkim.

"Kalau tidak salah tahun 2018 atau 2019, namun disebabkan dampak Virus Corona (Covid-19) pembangunan drainase ini ditunda. Alhamdulillah sekarang tahun 2021  pembangunan drainase ini telah terleksana,"sebut Ir Ardianto.

Selain itu, dicelah-celah perbincangannya dengan awak media, Ir Ardianto meminta pengertian masyarakat agar bersabar jika pembangunan drainase yang mengakibatkan terganggunya arus lalu lintas.

"Saya harap warga yang akan bepergian harus sabar ,atau cari jalur alternatif yang lain agar terhindar dari macet dan kalau dalam pekerjaan ada yang kurang, kabari ke saya biar kita tegur pihak pekerja, jangan sudah jadi baru protes," bilangnya.

Ia juga mangatakan, sangat senang soal pembangunan ini, ada warga Desa Marindal 1 yang menyampaikan unek-unek memberikan saran dan kritik terkait pembangunan drainase tersebut.

Menurutnya, dengan adanya warga memberikan saran dan kritik berarti warga itu peduli terhadap  pembangunan di lingkungannya.

"Kita akan benahi atau kita cari solusinya, agar pembangunan drainase ini berjalan dengan baik sesuai harapan warga,"pungkasnya.

Sementara Camat Patumbak Drs Setia Budi Pane mengatakan, pihak kecamatan berharap warga dapat menjaga kebersihan, agar drainase tidak tersumbat jangan membuang sampah ke dalam drainase.

Disebutkannya, saat ini dan kedepannya, Kecamatan Patumbak bersama perangkat desa terus berbenah, memanfaatkan dana APBD Pemkab Deli Serdang yang ada dan akan digunakan untuk kepentingan masyarakat.

"Saya sebagai Camat Patumbak akan berjuang, agar Kecamatan Patumbak semakin baik dan terbebas dari banjir, karna  penanggulangan masalah banjir telah menjadi prioritas,"pungkasnya.

Ditempat yang sama beberapa orang warga Desa Marindal I yang diantaranya mengaku bernama Eko, mengucapkan apresiasi kepada Pemerintah Deli Serdang terkhusus Kepala Desa Marindal 1  Ir Ardianto.

"Sebelumnya, saluran drainase yang ada di Desa Marindal I tidak terlihat alias tersumbat, hingga akhirnya drainase tersebut diperbaiki untuk mempermudah akses saluran pembuangan air. Selama kepemimpinan Kades Ir Ardianto, Desa Marindal I ini semangkin hari semangkin baik dari yang sebelumnya,"bilang Eko.(put)

Komentar Anda

Terkini