Wabup Sergai Resmikan UPT Puskesmas Sialang Buah

Selasa, 11 Januari 2022 / 20.47

Wabup Sergai H Adlin Umar Yusri Tambunan meresmikan UPT Puskesmas Sialang Buah. (f-kominfo sergai)

SERGAI, KLIKMETRO.COM - Wakil Bupati Sergai Resmikan UPT Puskesmas Sialang Buah, Selasa (11/1/2022) berempat di UPT Puskesmas Sialang Buah Kecamatan Teluk Mengkudu, Sergai.

Sambutan Wabup Sergai H Adlin Umar Yusri Tambunan, menyampaikan harapan agar dengan adanya bangunan baru UPT Puskesmas ini, pelayanan kesehatan kepada masyarakat bisa lebih maksimal dan prima lagi. Seluruh tenaga medis UPT Puskesmas Sialang Buah dapat menjalankan tugas pelayanan kesehatan masyarakat, terkhusus warga Teluk Mengkudu, dan kepada masyarakat Sergai secara umum.

"Semoga ini bisa menjadi motivasi bagi kita untuk terus meningkatkan kualitas layanan. Terpenting, kita melayani dengan adil tanpa membedakan status warga yang datang. Semua orang harus diperlakukan sama dan adil,"kata Adlin.

Sesuai dengan semangatdirinya dan Bupati Sergai H. Darma Wijaya usung dalam Sapda (Sapta Dambaan) terkhusus pada poin kedua yaitu masyarakat sehat dan religius.

Sapda ini tidak mungkin terwujud jika dalam prosesnya terjadi pengkotak kotakan baik dalam strata ekonomi ataupun sosial. Bupati meminta semuanya harus dilayani dengan baik agar harapan masyarakat sehat tersebut bisa terwujud.

Implementasi program vaksinasi tahap pertama yang ia sebut saat ini sudah mencapai angka 75%, sedangkan untuk vaksinasi kedua ada di angka 51%. Mudah-mudahan dengan sinergitas dan soliditas seluruh pihak terkait, di akhir Januari kita bisa mencapai angka 60% untuk vaksin kedua. Seturut dengan harapan pemerintah pusat, semoga di tahun 2022 ini status pandemi sudah berakhir sehingga kita tidak lagi bicara soal Covid-19, namun sudah beranjak dalam proses optimalisasi ekonomi nasional dan fokus dalam membangkitkan perekonomian masyarakat.

Program vaksinasi anak 6-11 tahun juga tidak lepas dari perhatian Wabup. Ia menerangkan, sesuai dengan laporan Kadis Kesehatan Sergai, berdasarkan data inputan dalam kurun waktu 4 hari pelaksanaan Vaksinasi Merdeka Anak di Sergai, capaiannya sudah berada di kisaran 44%. 

Untuk data di KCP PEN (Komite Penanganan Corona Virus Disease 2019 dan Pemulihan Ekonomi Nasional), angkanya ada di 32%. Ini capaian yang luar biasa dan kita menargetkan dalam beberapa hari kedepan kita sudah sampai di 70% untuk dosis pertama. Kalau ditotal dengan capaian seluruh vaksinasi di Sergai, persentasenya malah sudah sampai di 80%. Setelah proses ini selesai, tahapan selanjutnya kemungkinan adalah vaksinasi dosis ketiga (booster) bagi masyarakat umum.

Selain pembangunan infrastruktur kesehatan, dia juga mengatakan pada tahun 2022 ini Pemkab Sergai juga akan menaruh fokus pada tata kelola RSUD Sultan Sulaiman demi menjadikannya sebagai fasilitas yang melayani dengan kualitas.

"Saya dan Bapak Bupati concern betul dengan pelayanan publik. Pelayanan kepada warga harus benar-benar maksimal. Semua yang kita kerjakan dan bangun ini pada akhirnya adalah untuk sebaik-baiknya pelayanan bagi masyarakat,"kata wabup.

Anggota DPRD Sergai Hari Ananda S.Pd, M.SP dalam sambutannya, menyampaikan apresiasi terhadap kinerja baik yang dilakukan oleh Bupati Sergai Darma Wijaya dan Wakilnya, Adlin Tambunan. Dengan pembangunan yang dilaksanakan pada hari ini, maka semboyan pasangan Darma-Adlin yang sebelumnya “Jalan Mulus, Ekonomi Bagus”, bisa ditambahkan dengan “Kesehatan Terus”. Mereka berdua ini adalah pemimpin yang bertanggung jawab terhadap masyarakat. 

Mewakili masyarakat Teluk Mengkudu, Hari Ananda menyampaikan terima kasih atas berdirinya UPT Puskesmas. Kalau dilihat, rasanya UPT ini tidak lagi terlihat seperti puskesmas tapi sudah mirip rumah sakit tipe C.

Pada kesempatan sama. Kepala Puskesmas Sialang Buah dr. Eva Yuliana, menyampaikan terima kasih kepada Bupati dan Wabup dengan adanya UPT Puskemas yang diresmikan hari ini. Ia mengaku, hal ini merupakan kado yang indah bagi kami di suasana Hari Jadi Kabupaten Sergai yang ke-18. Kami tentu akan memaksimalkan potensi yang ada semaksimal mungkin dengan mengedepankan profesionalitas.

Tampak hadir, Kadis Kesehatan Sergai Selamat Hartono, S.K,M M.K.M, Camat Teluk Mengkudu, Dra. Sri Rahayu, Kapus Sialang Buah beserta jajaran, unsur Muspika Kecamatan Teluk Mengkudu, para kbepala desa, tokoh agama dan masyarakat.(mar)

Komentar Anda

Terkini