-->

Bupati Deli Serdang Imbau Pelaksanaan Pilkades Aman dan Tertib

Senin, 18 April 2022 / 22.15

Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan meninjau pelaksanaan pilkades serentak. (f-kominfo deli serdang)

DELI SERDANG, KLIKMETRO.COM - Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan meninjau pelaksanaan pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di sejumlah titik yang digelar secara serentak di 304 Desa Kabupaten Deli Serdang.

“Kita berharap Pilkades ini berjalan aman, baik, tertib dan lancar sesuai dengan ketentuan penyelenggara Pilkades, sehingga dengan demikian proses pembangunan pembinaan kemasyarakatan, pembinaan sosial di Desa terus berlangsung dengan baik,” kata Bupati saat meninjau TPS 4 Desa Sena Batang Kuis, Senin (18/4/2022).

Bupati menegaskan, intinya adalah bahwa Pemerintah Kabupaten Deli Serdang melaksanakan Pilkades ini dengan mengikuti seluruh aturan-aturan dimulai dengan undang-undang sampai peraturan pelaksanaannya.

“Sebab Pilkades ini agak khusus, beda dengan penyelenggara Pileg dan Pilkada,yang sifatnya Nasional. Bukan berarti untuk menghalangi warga untuk memilih, tetapi justru untuk memastikan bahwa pemilihan Kepala Desa ini diselenggarakan oleh Warga Desa yang bermukim/menetap di Desa itu,” jelasnya.

Misalnya, kalau pemilihan yang sifatnya nasional setiap orang sepanjang memiliki KTP bisa melaksanakan hak pilihnya dimana saja.berbeda dengan Pilkades, selain dia memiliki bukti KTP juga harus memiliki bukti 6 bulan menetap sebelum proses Pilkades berlangsung.

“Ini memang aturan untuk memastikan bahwa proses Pilkades ini berlangsung untuk memberikan kesempatan pada setiap warganya yang beraktivitas di desa itu. Sehingga terpilih Kepala Desa yang betul-betul bertanggung jawab demi kemajuan Desanya,” kata Bupati.

“Mari kita semua berharap agar hari ini menjadi hari kebaikan bagi masa depan Deli Serdang, terpilihnya kepala Desa di 304 akan meneruskan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan dan berbagai kegiatan sosial di Desa yang merupakan ujung tombak dari upaya penyelenggaraan visi Kabupaten Deli Serdang,” pungkasnya.

Turut hadir mendampingi Bupati Deli Serdang, Asisten I Drs Citra Efendi Capah, Kadis PMD Drs. Khairul Azman M.AP, Inspektur H Edwin Nasution, S.H, Kadis Kominfo Stan DR Dra Miska Gewa Sari MM, Kadis SDA BMBK Janso Sipahutar S.T, M.T, Kepala Dinas Kesehatan dr. Ade Budi Krista, Camat Batang Kuis beserta Muspika.(lbs)

Komentar Anda

Terkini