-->

Kejari Medan Terima Tahap II Perkara Kecelakaan Angkot Maut Versus Kereta Api

Sabtu, 02 April 2022 / 16.58

Kejari Medan menerima penyerahan tersangka dan barang bukti perkara kecelakaan lalu lintas angkot dengan kereta api yang menewaskan 4 penumpang. (f-putra/klikmetro)

MEDAN, KLIKMETRO.COM - Kejaksaan Negeri (Kejari) Medan menerima penyerahan tersangka dan barang bukti (Tahap II) perkara kecelakaan lalu lintas Angkutan Umum Kota (Angkot) dengan Kereta Api yang menewaskan 4 penumpang.

Penyerahan tersangka Karto Manalu (39) warga Dusun XIV Desa Bangun Sari Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang ini dilakukan di Ruang Tahap II Bidang Pidana Umum (Pidum) Kejari Medan, pada Kamis, (31/3/2022) kemarin.

"Iya benar, sudah dilakukan penyerahan tersangka dan barang bukti, tahap II, dari penyidik Polrestabes Medan kepada penuntut umum pada Kejari Medan," kata Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Medan Teuku Rahmatsyah SH MH, Jumat (1/4/2022).

Kajari mengatakan, setelah dilakukan penyerahan tersangka dan barang bukti, kemudian jaksa penuntut umum (JPU) bersama penyidik dan tersangka melihat kondisi barang bukti angkutan umum yang telah rusak di lahan penampungan barang rampasan di Jalan Kayu Putih Medan.

"Tersangka disangkakan melanggar Pasal 340 KUHPidana Subs Pasal 338 KUHPidana Subs Pasal 311 ayat (4) (5) UU RI No 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dan Pasal 127 ayat 1 huruf (a) UU RI No 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika," katanya.

Selanjutnya, tambah Kajari, tersangka kembali dilakukan penahanan di Rutan Kelas I Tanjung Gusta Medan dalam kepentingan JPU menyiapkan dakwaan serta melimpahkan perkara ke Pengadilan Negeri Medan untuk segera disidangkan.

Diketahui sebelumnya, angkutan kota (angkot) No 124, BK 1610 UE yang dikemudikan tersangka menerobos palang pintu perlintasan kereta api di Jalan Sekip, Kecamatan Sei Agul, Kota Medan pada Sabtu (4/12/2021) lalu.

Pada saat bersamaan kereta api Sri Lelawangsa jurusan Binjai-Medan sedang melintas. Kereta api langsung menabrak angkot yang membawa delapan orang penumpang itu.

Angkot sempat terseret beberapa meter. Kondisi angkot tersebut rusak parah. Dalam insiden itu empat orang meninggal dunia dan beberapa orang lainnya luka parah, sedangkan tersangka berhasil menyelamatkan diri. (put)

Komentar Anda

Terkini