2479 Mahasiswa Baru USU Lulus UTBK-SBMPTN 2022

Jumat, 24 Juni 2022 / 02.59

Gedung Universitas Sumatera Utara. (f-humas)

MEDAN, KLIKMETRO.COM - Universitas Sumatera Utara (USU) terima 2.479 mahasiswa baru melalui jalur Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2022.

“Jumlah tersebut terdiri dari 1.348 peserta yang lulus dari kelompok saintek dan 1.131 peserta UTBK dari kelompok soshum,” kata Wakil Rektor I USU, Dr. Edy Ikhsan SH MA melalui Kepala Kantor Humas, Protokoler dan Promosi USU, Amalia Meutia MPsi Psikolog, Kamis (23/6/2022).

Disebutkannya, untuk peserta yang mengikuti Seleksi Berbasis Prestasi Unggul (SBPU Talenta) USU terdapat 11 orang yang dinyatakan lulus. SBPU Talenta merupakan jalur baru yang disediakan untuk penerimaan mahasiswa baru 2022.

“Seluruh pimpinan USU menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh calon mahasiswa  yang lulus melalui jalur UTBK-SBMPTN sekaligus mengucapkan selamat bergabung menjadi keluarga besar USU. Semoga ini menjadi pemacu semangat para calon mahasiswa untuk belajar dengan giat,” ungkapnya.

Menurutnya peserta SBMPTN yang lulus telah melangkah ke tahap baru kehidupan sebagai mahasiswa. Masa depan yang gemilang sudah di depan mata dalam mencapai cita-cita.

“Semoga nantinya dapat mengaktualisasikan diri sebagai anak bangsa yang membawa dampak besar bagi USU, masyarakat dan dunia.,” ujar Amalia.

Untuk program studi favorit yang tinggi peminatnya pada tahun ini di kelompok saintek terdiri dari; Pendidikan Dokter, Farmasi dan Ilmu Kesehatan Masyarakat.

Sementara untuk kelompok soshum yakni Ilmu Hukum, Manajemen dan Psikologi.

Secara umum, tiga besar prodi yang paling diminati adalah Ilmu Hukum (3.073), Pendidikan Dokter (2.612) dan Manajemen (2.365).

Persaingan ketat UTBK di tingkat program studi yang ada di USU adalah untuk prodi Gizi, Ilmu Komunikasi dan Ilmu Komputer

Sementara itu, untuk prodi yang kurang diminati adalah Prodi Sastra Cina, Sastra Daerah untuk Sastra Batak dan Sastra Daerah untuk Sastra Melayu.

Amalia menambahkan, bagi calon mahasiswa yang dinyatakan lulus, dapat melakukan pengisian data Uang Kuliah Tunggal (UKT).

Bagi calon mahasiswa yang  dinyatakan lulus, selanjutnya bisa melakukan pengisian data pokok dan unggah berkas melalui laman https://registrasi.usu.ac.id yang dibuka mulai 24 hingga 30 Juni 2022.

Dilanjutkan dengan pembayaran UKT melalui virtual account mulai 7 hingga 8 Juli 2022.

Untuk tata cara dan prosedur pengisian serta pembayaran UKT ini, lebih lanjut dapat dilihat pada laman www.usu.ac.id.

Sementara yang belum berhasil lulus pada jalur SBMPTN, Amalia mempersilakan untuk mencoba kembali melalui jalur Seleksi Mahasiswa Mandiri (SMM) dan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Program Diploma (SPMPD) USU.

Pendaftaran untuk kedua jalur tersebut dibuka pada 20 Juni hingga 20 Juli 2022. Pelaksanaan ujian mandiri akan dimulai pada  25 hingga 31 Juli 2022. Sementara pengumuman kelulusan akan dilaksanakan pada 7 Agustus 2022 (S1) dan 11 Agustus 2022 untuk prodi (D3). (vera)

Komentar Anda

Terkini