Bupati Buka FSQ ke-44 Kabupaten Deli Serdang Tahun 2022

Rabu, 22 Juni 2022 / 20.12

Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan meresmikan pembukaan FSQ ke 44 Tingkat Kabupaten Deli Serdang.(f-kominfo deli serdang)

DELI SERDANG, KLIKMETRO.COM - Bupati Deli Serdang, H Ashari Tambunan secara resmi membuka Festival Seni Qasidah (FSQ) ke-44 Tingkat Kabupaten Deli Serdang Tahun 2022 di Lapangan Sepak Bola Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Percut Sei Tuan, Desa Sampali, Kecamatan Percut Sei Tuan, Selasa malam (21/6/2022).

Pembukaan FSQ ke-44 tersebut ditandai dengan pemukulan bedug, sekaligus dirangkai dengan pelantikan dewan hakim.

Dalam sambutannya, Bupati menjelaskan saat ini seni qasidah sudah sangat berkembang di tengah kehidupan masyarakat, baik di lingkungan pesantren, majelis pengajian, kalangan remaja masjid dan masyarakat luas. Kehadiran seni qasidah terus mewarnai spirit keagamaan masyarakat, khususnya di Kabupaten Deli Serdang. Seni yang dipadukan antara musik dengan lantunan syair-syair qasidah, menghasilkan harmonisasi indah yang sarat akan nilai-nilai keislaman.

Festival yang mengangkat tema, "Melalui Festival Seni Qasidah ke-44, Kita Gemakan Seni Budaya Islam Menuju Deli Serdang yang Maju, Sejahtera, Religius dan Rukun dalam Kebhinekaan" ini, kata Bupati, bertujuan untuk melestarikan kesenian qasidah. Terlebih, saat ini dengan pesatnya perkembangan musik modern yang identik dengan budaya luar, membuat kesenian qasidah mulai terkikis. Tentunya, ini tidak sesuai dengan kepribadian bangsa, yang menjunjung tinggi nilai-nilai moral dan akhlaq. 

"Ajang ini sekaligus juga memberikan pembinaan bagi masyarakat dalam menempatkan seni qasidah sebagai lagu dan syair Islami, di mana makna dan artinya dapat dijadikan sebagai tuntunan hidup, karena mengandung nilai-nilai dakwah dan ajaran yang baik sesuai dengan kaidah Islam," kata Bupati. 

Bupati meminta para peserta utusan dari masing-masing kecamatan se-Kabupaten Deli Serdang, untuk menjadikan momen tersebut sebagai motivasi dalam memahami dan menggali nilai-nilai budaya religius. 

"Pesan saya kepada para peserta Festival Seni Qasidah, tampilkanlah seluruh kemampuan yang saudara miliki. Berlomba dan berjuanglah untuk menjadi yang terbaik. Ingat, keikutsertaan dalam event ini, bukan hanya sekadar ajang untuk menampilkan kefasihan bidang seni. Lebih dari itu, tujuan utamanya adalah agar seni qasidah semakin dicintai, dan berakar serta membudaya ditengah-tengah umat Islam, khususnya di Kabupaten Deli Serdang," imbuh Bupati. 

Kepada dewan juri, Bupati juga mewanti-wanti untuk menjalankan tugas sebaik-baiknya, menghindari pertimbangan-pertimbangan yang bersifat pribadi, dan junjung tinggi sikap objektif dilandasi ketulusan hati. 

"Atas nama Pemerintah Kabupaten Deli Serdang, saya menyampaikan ucapan terima kasih dan apreasiasi kepada Lembaga Seni dan Qasidah Indonesia (LASQI) Kabupaten Deli Serdang, panitia pelaksana dan seluruh pihak yang telah berpartisipasi dalam mensukseskan penyelenggaraan Festival Seni Qasidah ini. Semoga apa yang kita lakukan dalam Festival Seni Qasidah ke- 44 Kabupaten Deli Serdang Tahun 2022, menjadi amal ibadah bagi kita dan Insya Allah mendapat ridho dari Allah SWT," harap Bupati. 

Sebelumnya, Kabag Kesra Setdakab, Mukti Ali Harahap SAg MSi, selaku ketua panitia, melaporkan pelaksanaan FSQ ke/44 Tingkat Kabupaten Deli Serdang ini akan berlangsung dalam lima hari, mulai Selasa (21/6/2022) hingga Sabtu (25/6/2022).

Ada delapan cabang yang diperlombakan, antara lain Qasidah Klasik Remaja, Qasidah Klasik Dewasa, Qasidah Klasik Pelajar, Bintang Vokalis Anak-anak, Bintang Vokalis Remaja, Bintang Vokalis Dewasa, Pop Religi Anak-anak dan Pop Religi Remaja. Kedelapan lomba tersebut akan diikuti 378 peserta dari 20 kecamatan se-Deli Serdang. Sedangkan dewan pembina, juri, pengawas, panitra dan sekretariat berjumlah 40 orang.

"FSQ yang diselenggarakan ini merupakan tahun kedua dipisahnya Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) dengan FSQ karena melihat semarak yang menggeliat di masyarakat meskipun beberapa waktu lalu masih dalam suasana pandemi. Terbukti, dengan tetap ikut sertanya para pelajar SLTP/SMP/MTs dan bertambahnya jumlah kafilah dari tahun yang lalu," jelasnya.

Hadir pada pembukaan FSQ ke-44 Tingkat Kabupaten Deli Serdang Tahun 2022, Kajari Deli Serdang Jabal Nur SH MH, Ketua Pengadilan Agama Lubuk Pakam Hj Dian Ingrasanti SAg SH MH, anggota DPRD Deli Serdang H Rakhmadsyah SH, Kasdim 0204/DS Mayor CZI TM Panjaitan, Ketua MUI Deli Serdang KH Amir Panatagama SPdI, Sekda Darwin Zein SSos, Ketua Dharma Wanita Persatuan Ny. Herawati Darwin Zein, para staf ahli, asisten, kepala OPD, kepala bagian, camat se-Deli Serdang, Ketua Harian LASQI Sumut Dr H Sugeng Wanto MA, Ketua Harian LASQI Deli Serdang H Alpin Hasibuan SH, dan kepala desa (kades) se-Kecamatan Percut Sei Tuan, Pada Perwakilan Ormas Islam dan Ormas Pemuda Islam.(lbs)
Komentar Anda

Terkini