-->

391 Siswa Kota Medan Ikut Kompetisi Sains Madrasah 2022

Minggu, 14 Agustus 2022 / 19.42

Kakan Kemenag Kota Medan DR H Impun Siregar MA didampingi Kapenma Yose Rizal saat meninjau peserta mengikuti KSM.(f-ist)

MEDAN, KLIKMETRO.COM - Kepala Kantor Kementrian Agama (Kakan Kemenag) Kota Medan DR H.Impun Siregar MA meresmikan pembukaan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tahun 2022 yang berlangsung di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Medan.

KSN merupakan kegiatan tahunan bergengsi yang diadakan Kementrian Agama Bidang Pendidikan Madrasah.

Adapun peserta yang mengikuti KSM 2022 ini sebanyak 391 siswa tingkatan Ibtidaiyah, Tsanawiyah dan Aliyah Se- Kota Medan. Dengan rincian, 87 siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI), 164 siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan 140 siswa Madrasah Aliyah (MA) Negeri dan swasta se-Kota Medan.

Dalam sambutannya, Kakan Kemenag Kota Medan mengajak seluruh peserta bersaing dengan sehat untuk mengharumkan nama madrasah tempat mereka menimba ilmu.

“KSM ini adalah kegiatan  kompetisi Sain Madrasah sama seperti Olimpiade Sains Nasional (OSN), KSM  diselengarakan oleh  Kementerian Agama, bertujuan sebagai motivasi Siswa Madrasah meningkatkan prestasi terbaiknya, KSM adalah wadah semangat belajar Siswa di bidang sains dan kompetitif sehat para siswa Madrasah, menguji  kemampuan intelektual, dan prestasi terbaik siswa madrasah,"ujar DR.H.Impun Siregar MA yang didampingi Kasie Pendidikan Madrasah Kota Medan Yose Rizal.

Kepada wartawan, Sabtu (13/8/2022), Yose Rizal mengatakan KSM untuk jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI) adalah Matematika dan IPA. Untuk jenjang Madrasah Tsanawiyah (MTs) adalah Matematika, IPA dan IPS terpadu, sedangkan jenjang Madrasah Aliyah (MA) adalah Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, ekonomi, dan geografi.

"KSM merupakan wahana bagi siswa madrasah mengembangkan bakat dan minat di bidang sains, serta menumbuhkan budaya kompetitif yang sehat di kalangan siswa madrasah. Memberikan kesempatan bagi siswa madrasah berkreativitas dan berprestasi, memotivasi siswa madrasah agar selalu meningkatkan kemampuan intelektual, prestasi, berdasarkan nilai-nilai agama. 

Materi soal yang diujikan adalah sains dengan konsep terapan yang ada dalam Islam, dimaksudkan agar siswa Madrasah mengkaji konsep keislaman dengan sains. Nantinya siswa Madrasah untuk semua jenjang bila menang dapat mengikuti kompetisi tingkat provinsi dan tingkat Nasional," terang Kasie Penma Kota Medan Yose Rizal.

Pantauan di lokasi KSM, pelaksanaan kegiatan diawasi dengan ketat oleh pengawas dari Kanwil  kementerian agama Sumatera Utara dan kantor Kementerian agama Kota Medan.(tepu)
Komentar Anda

Terkini