Pemko Medan Terbaik Pertama di Indonesia Dalam Transaksi E-Katalog Lokal

Minggu, 14 Agustus 2022 / 22.05

Wali Kota Medan Bobby Nasution bersama jajarannya.(f-oominfo medan)

MEDAN, KLIKMETRO.COM - Apresiasi disampaikan Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Abdullah Azwar Anas kepada Pemko Medan. Sebab, di bawah kepemimpinan Wali Kota Medan Bobby Nasution berhasil membawa Pemko Medan menjadi peringkat pertama transaksi terbesar se-Indonesia dalam penyelenggaraan E-Katalog Lokal.

"Dalam transaksi E-Katalog, Kota Medan menjadi yang terbaik di Indonesia. Hal ini tidak terlepas  karena adanya good will dari Pak Wali untuk belanja di E-Katalog sesuai dengan arahan Bapak  Presiden Joko Widodo," kata Azwar di acara Sistem Pengadaaan Barang/Jasa E-Katalog dan Penggunaan Produk Dalam Negeri serta Sukseskan Story Kepala LKPP RI Membangun Kota Banyuwangi di Pendopo Rumah Dinas Wali Kota Medan, Minggu (14/8/2022). 

Selain itu, Azwar juga mengapresiasi dan mendukung Bobby Nasution yang ingin belajar sistem pengadaaan barang/jasa E-Katalog dan penggunaan produk dalam negeri. Sebab, sesuai arahan Presiden, pemerintah daerah didorong untuk belanja melalui E-Katalog agar kedepannya lebih transparan dan merata. 

Selanjutnya Azwar mengungkapkan, kehadirannya bersama Bupati Sergai dan Bupati Humbang Hasundutan untuk melakukan sosialisasi apa saja yang menjadi kendala dalam melaksanakan E-Katalog.

"Kita juga menyiapkan bimbingan teknik (bimtek) untuk daerah yang E-Katalognya belum optimal baik dari jumlah etalase yang tampil maupun jumlah transaksinya. Ini barang baru, makanya  perlu disosialisasikan. Kami juga mengapresiasi Pak Wali karena hari ini mengundang semua dinas terkait dengan E-Katalog ini," ungkapnya.

Sementara itu, Wali Kota Medan Bobby Nasution menyampaikan, tujuan kegiatan ini digelar untuk mengupgrade diri dalam mengemban tugas dan amanah yang telah diberikan. Sebab, apa yang sudah dilakukan sampai dengan saat ini berdampak kepada masyarakat. 

Terkait itu, kata Bobby, Pemko Medan ingin berdiskusi dengan Kepala LKPP terkait pengadaan barang/jasa di E-Katalog. Dimana sebelumnya, ungkapnya, Kepala LKPP menjabat sebagai Bupati Banyuwangi. Selain persoalan e-katalog, imbuhnya, kegiatan juga diisi dengan diskusi terkait tata kelola pemerintahan. 

"Seperti yang diketahui, Kabupaten Banyuwangi sampai dengan hari ini menjadi pemerintah daerah yang paling inovatif. Kita ingin belajar juga bagaimana mengelola tata pemerintahan bisa menjadi inovatif. Mudah-mudahan berdampak baik terhadap pengembangan dan penerapan inovasi-inovasi di Kota Medan. Serta semakin meningkatkan penggunaan E-Katalog kita. Apalagi  Medan menjadi kota terbaik dengan hasil transaksi E-Katalog Lokal di Indonesia," harapnya.

Selain Bobby Nasution dan Abdullah Azwar Anas, kegiatan juga dihadiri Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H Darma Wijaya, Sekda Sergai HM Faisal Hasrimy, Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor SE, Sekda Kota Medan Wiriya Alrahman, pimpinan OPD di lingkungan Pemko Medan serta Camat se kota Medan.(rel)
Komentar Anda

Terkini