-->

Desa Namorube Julu Layak Ikuti Pelaksana Desa P2W-KSS Tingkat Sumut

Kamis, 29 September 2022 / 22.50

Desa Namorube Julu Kecamatan Kutalimbaru dianggap layak mewakili Kabupaten Deli Serdang pada P2W-KSS tingkat Provinsi Sumut.(f-kominfo deli serdang)

DELI SERDANG, KLIKMETRO.COM - Desa Namorube Julu, Kecamatan Kutalimbaru, dianggap layak untuk menjadi wakil Kabupaten Deli Serdang, pada Pelaksana Terbaik Desa Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2W-KSS) Tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2022.

Penegasan ini disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Deli Serdang, Darwin Zein SSos ketika menerima kunjungan Tim Evaluasi Pelaksana Terbaik Desa P2W-KSS Provinsi Sumatera Utara Tahun 2022 di halaman Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 3 Satu Atap, Desa Namorube Julu, Kecamatan Kutalimbaru, Kamis (29/9/2022).

Kepada Tim Evaluasi Pelaksana Terbaik Desa P2W-KSS, Sekda berharap untuk melakukan pembinaan, hingga ke depan Desa Namorube Julu bisa menjadi ikon dan contoh bagi desa-desa lainnya di Sumatera Utara.

"Karena desa ini mampu mengembangkan dan membina masyarakat melalui PKK dari segi perekonomian, kesehatan, pendidikan dan lainnya," kata Sekda.

Sementara, Kepala Desa (Kades) Namorube Julu,  Sedta Efendi Ginting menjelaskan desa tersebut  terdiri dari tujuh dusun, dengan jumlah penduduk 1.600 jiwa dan luas wilayah 884 hektare (Ha).

Pada pelaksanaan kegiatan dasar tahun 2021, sebut Kades, di antaranya dilaksanakan penyuluhan tentang Posyandu dan pelayanan kesehatan keluarga, melaksanakan penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), serta melaksanakan penyuluhan pencegahan penyalagunaan narkoba.

Di tempat yang sama, Ketua Tim Evaluasi P2W-KSS Provinsi Sumatera Utara, Hardianto SSTP MAP, mengatakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) yang menentukan desa mana untuk menjadi binaan P2W-KSS. Maka, sebutnya, organisasi perangkat daerah (OPD) terkait harus bergerak, memberikan bantuan dan arah anggarannya kepada desa tersebut untuk melakukan pembinaan, peningkatan atau pengentasan tiga rawan, yakni rawan kesehatan , rawan perekonomian dan rawan pendidikan. 

"Karena adanya tiga rawan tersebut, maka Desa Namorube Julu ini ditunjuk menjadi desa binaan P2W-KSS, dan Pemerintah Kabupaten Deli Serdang berkolaborasi dengan pemerintah desa.  Dalam hal ini, kepala desa dibantu camat dan Ketua Tim Pengerak PKK, baik kabupaten maupun kecamatan, untuk membimbing dan membina warganya agar meningkatkan tiga hal yaitu kesehatan, perekonomian dan pendidikan," kata Hardianto SSTP MAP yang juga Kepala Bidang (Kabid) Kelembagaan Desa Dinas PMD Provinsi Sumatera Utara ini.

Hadir pada acara tersebut, Sekretaris PKK Provinsi Sumut, Reza Fahlevi Lubis; Kadis PMD Deli Serdang, Drs Khairul Azman MAP; Kadis P3A-P2KB, Era Permata Sari SH MM; perwakilan OPD terkait; Camat Kutalimbaru, Rio Laka Dewa SSTP MAP; unsur Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Kutalimbaru; kepala desa se-Kecamatan Kutalimbaru, dan lainnya.(lbs)

Komentar Anda

Terkini