-->

Komitmen Bupati Wujudkan Sergai yang Religius Lewat Program GAK

Minggu, 16 Oktober 2022 / 15.09

Bupati Sergai H Darma Wijaya menyerahkan secara simbolis BPJS Ketenagakerjaan kepada guru sekolah minggu. (f-kominfo sergai)

SEI RAMPAH, KLIKMETRO.COM - Upaya Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) dalam mewujudkan Sergai yang religius terus dilaksanakan secara menyeluruh.

Hal tersebut ditegaskan oleh Bupati Sergai H. Darma Wijaya dalam acara pembinaan dan validasi data kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan kepada guru sekolah minggu dari berbagai denominasi gereja yang ada Sergai. Kegiatan ini dilaksanakan di halaman kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Sabtu (15/10/2022).

Secara khusus, Bupati Sergai memberikan apresiasi kepada pengurus Gerakan Aksi Kasih (GAK) Kabupaten Sergai yang telah bekerja dengan baik sehingga kegiatan pada hari ini dapat terselenggara. Dirinya kemudian menjelaskan, pembinaan yang dilakukan hari ini bermanfaat untuk meningkatkan kompetensi guru sekolah minggu dari segi teknis. Di samping itu, Bupati menyebut kegiatan ini juga memberikan semangat kepada guru sekolah minggu untuk terus membimbing dan mendidik generasi muda untuk berperilaku yang baik, terutama jauh dari penyalahgunaan narkoba dan kenakalan remaja lainnya.

“GAK ini merupakan wadah Pemkab Sergai untuk menampung serta menyalurkan aksi kasih dari ASN Kristen Pemkab Sergai yang TPP-nya disumbangkan setiap bulan sebesar 2,5%, untuk kepentingan keagamaan, khususnya umat Kristiani,” ujar Bupati.

Di kesempatan ini, Bupati juga mengungkapkan kalau Pemkab Sergai memberikan perlindungan atau jaminan kepada guru sekolah minggu melalui prorgam BPJS Ketenagakerjaan. Iuran BPJS ini akan ditanggung oleh Pemkab Sergai lewat program GAK tersebut.

Bupati yang akrab disapa Bang Wiwik ini kemudian berpesan agar apa yang telah dilakukan ini bisa menjadi dukungan berarti dalam mewujudkan Sergai yang religius.

“Besar harapan kami agar kegiatan ini dapat meningkatkan pelayanan di gereja dan lingkungan masyarakat Kristiani. Penting pula komitmen semua pihak khususnya pimpinan gereja dan guru sekolah minggu dalam meningkatkan kapabilitas dan mutu pelayanan agar tercipta masyarakat yang Maju Terus: Mandiri, Sejahtera, dan Religius,” ucap Bupati.

Ketua Pengurus GAK Pemkab Sergai Drs. Fajar Simbolon, M.Si, melaporkan pihaknya mendaftarkan sebanyak 1.131 guru sekolah minggu se-Sergai menjadi anggota BPJS Ketenagakerjaan.

“Kami berupaya agar seluruh guru sekolah minggu se-Sergai bisa terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan. Iuran akan iuran akan diambil dari dana GAK dan insentif yang diterima tidak berkurang atau diserahkan penuh,” ucapnya.

Apresiasi tinggi disampaikan Ketua Dewan Perwakilan Daerah Partai Demokrasi Indonesia-Perjuangan (DPD PDI-P) Provinsi Sumatera Utara, Rapidin Simbolon, yang juga hadir dalam kegiatan ini.

Menurutnya, apa yang dilakukan oleh Bang Wiwik lewat program GAK merupakan bentuk kepedulian tinggi terhadap masyarakat. Dirinya pun merasa cinta kasih warga Sergai yang hadir dalam kegiatan ini kepada Bupati.

“Ini adalah hal yang patut kita syukuri, bagaimana Bupati memakai kekuasan dan kewenangannya untuk sebaik-baiknya kesejahteraan rakyat,” ucap Rapidin.

Salah seorang guru sekolah minggu, boru Saragih, menyebut pemberian insentif dan jaminan BPJS Ketenagakerjaan ini merupakan hal yang kali pertama ia terima sejak 15 tahun mengabdi. Mewakili para guru sekolah minggu, ia menyampaikan rasa haru dan terima kasih kepada Pemkab Sergai atas terlaksananya program GAK ini.

“Salam kami kepada seluruh ASN Pemkab Sergai yang sudah ikut dalam kebijakan Pak Bupati ini. Semoga sehat-sehat selalu dan kasih Tuhan menyertai,” katanya. 

Dalam kegiatan ini secara simbolis Bupati Sergai dan Ketua TP-PKK Sergai Ny. Hj. Rosmaida Saragih Darma Wijaya menyerahkan kartu BPJS Ketenagakerjaan bersama dengan Ketua Pengurus GAK dan Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Sergai, Fadli Kurniawan. Hadir pula anggota DPRD Provinsi Sumut Delphin Barus, para Camat, pendeta, dan ratusan guru sekolah minggu se-Sergai. (rel)

Komentar Anda

Terkini