-->

Peringatan Hari Santri Nasional 2022 Kabupaten Deli Serdang

Sabtu, 22 Oktober 2022 / 20.08

Peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2022 Kabupaten Deli Serdang. (f-kominfo deli serdang)

LUBUK PAKAM, KLIKMETRO.COM - Bupati Deli Serdang yang diwakili Asisten I Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Drs, Citra effendi Capah MSP menjadi Inspektur Upacara (Irup) pada Peringatan Hari Santri Nasional 2022 Deli Serdang di Alun-alun Pemerintah Kabupaten Deli Serdang.

Upacara pada hari ini dihadiri, Wakil Ketua DPRD Deli Serdang, H. Nusantara Tarigan Silangit SE MM bersama anggota DPRD Deli Serdang lainnya, Unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kepala Kantor (Kakan) Kementerian Agama (Kemenag) Deli Serdang, Drs. Abdul Haris Harahap MAP, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Deli Serdang, KH. Amir Panatagama S.PdI; Ketua PCNU Deli Serdang, H. Timur Tumanggor beserta pengurus. Ketua Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Deli Serdang, H. Waluyo: Pimpinan Pondok Pesantren se Deli Serdang, ormas Islam dan Ormas Pemuda Islam beserta ratusan santri dari berbagai wilayah di Kabupaten Deli Serdang.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Deli Serdang yang diwakili Asisten I Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Drs, Citra effendi Capah MSP membacakan amanat Menteri Agama Republik Indonesia, H Yaqut Cholil Qoumas yang antara lain mengatakan, Presiden Joko Widodo melalui Keputusan Presiden Nomor 22 tahun 2015 telah menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai hari santri. 

Sejak ditetapkan pada tahun 2015, kita pada setiap tahunnya selalu rutin menyelenggarakan peringatan hari santri dengan tema yang berbeda. Untuk tahun 2022 ini, peringatan hari santri mengangkat tema Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan. 

Maksud tema berdaya menjaga martabat kemanusiaan adalah bahwa santri dalam kesejarahannya selalu terlibat aktif dalam setiap fase perjalanan Indonesia. Ketika Indonesia memanggil, santri tidak pernah mengatakan tidak. Santri dengan berbagai latar belakangnya siap sedia mendarmabaktikan hidupnya untuk bangsa dan negara.

Peringatan hari santri bukanlah milik santri semata, hari santri adalah milik kita semua, milik semua komponen bangsa yang mencintai tanah air, milik mereka yang memiliki keteguhan dalam menjunjung nilai-nilai kebangsaan. Karena itu, saya mengajak semua masyarakat Indonesia, apapun latar belakangnya, untuk turut serta ikut merayakan hari santri. Merayakan dengan cara napak tilas perjuangan santri menjaga martabat kemanusiaan untuk Indonesia.

Melalui momen upacara peringatan hari santri tahun 2022 ini, mari kita bersama-sama mendoakan para pahlawan terutama dari kalangan ulama, kiai, santri yang telah syahid di medan perang demi kemaslahatan bangsa dan agama. Semoga arwah para pahlawan bangsa ditempatkan yang terbaik di sisi Allah Subhanahu Wa ta’ala. Amin. (lbs)

Komentar Anda

Terkini