Hadir di Pelantikan PGID, Wabup : Pemkab Sergai dan PGID adalah Mitra Membangun Daerah

Rabu, 23 November 2022 / 23.04

Wabup Sergai H Adlin Umar Yusri Tambunan menghadiri pelantikan pengurus PGID Sergai. (f-kominfo sergai)

SEI RAMPAH, KLIKMETRO.COM - Wakil Bupati Serdang Bedagai (Wabup Sergai) H. Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, MSP, menghadiri pelantikan pengurus Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia Daerah (PGID) Kabupaten Sergai, yang dilaksanakan di Car and Resto Auto, Sei Rampah, Rabu (23/11/2022).

Dalam sambutannya, atas nama Pemkab Sergai, Wabup Sergai menyampaikan apresiasi dan menyambut baik penyelenggaraan–pelantikan pengurus PGID Kabupaten Sergai sebagai bentuk implementasi pelaksanaan tugas dan fungsi organisasi masyarakat. Adlin Tambunan berharap, hendaknya kegiatan ini dapat dijadikan sebagai momentum perbaikan, penyempurnaan serta revitalisasi organisasi agar semakin maju dan demokratis di masa-masa yang akan datang.

“Dengan adanya pelantikan pengurus PGID Kabupaten Sergai, diharapkan PGID semakin kuat dan tumbuh sebagai persekutuan cinta kasih untuk menjaga ajaran iman dan persaudaraan sejati serta mampu menempatkan diri sebagai pelopor solidaritas inter dan antarumat beragama,” tambahnya.

Wabup menyebut, pihaknya menaruh harapan besar pada PGID khususnya cabang Sergai, agar dalam organisasi ini dapat menciptakan kader-kader yang siap pakai serta cerdas dan mampu menempatkan diri sebagai agen-agen perubahan ke arah yang lebih baik untuk bersama-sama menjadikan Sergai yang lebih sejahtera dan religius lagi.

Sembari mengutip semboyan PGI, ia juga berharap agar PGI menjadi organisasi yang menempatkan kesucian sebagai peringkat utama, jangan sekali-kali mencari keuntungan, selalu berjalan dalam hikmat, kemudian janganlah khawatir maka mukjizat Tuhan akan terjadi.

“Untuk melakukan berbagai upaya pembangunan di Sergai ini, saya mengharapkan kepada keluarga besar PGID bisa memberikan sumbangsih dan peran serta kontribusinya kepada masyarakat Sergai serta membantu pemerintah dalam membangun kabupaten yang kita cintai ini,” pesan Adlin.

Pemkab Sergai dan PGID, sambungnya, bisa tumbuh bersama memprioritaskan dan mendukung program pemerintah yang bersih dan reformasi, birokrasi, serta pemerintah lebih melayani masyarakat. Kita akan terus berusaha melaksanakan berbagai program yang langsung bersentuhan dengan masyarakat untuk mewujudkan visi dan misi Sergai yang Maju Terus: Mandiri, Sejahtera, dan Religius.

Salah satu upaya untuk memenuhi visi yang religius, lanjutnya, ia bersama Bupati Sergai telah merumuskan serangkaian kebijakan di bumi Sergai. Salah satu yang menyentuh umat Kristiani yaitu diadakannya program Gerakan Aksi Kasih (GAK) yang melibatkan seluruh ASN beragama Kristen di lingkungan Pemkab Sergai.

“Selama ini Pemkab Sergai telah memberikan perhatian kepada guru sekolah minggu, misalnya saja dengan mendaftarkan mereka ke BPJS Ketenagakerjaan. Dari data terbaru, penerima bantuan ini sudah mencapai 1.172 guru sekolah minggu,” terangnya lagi.

Tak lupa ia juga mengajak PGID untuk bersama-sama bersatu membangun Sergai melalui program SAPDA atau Sapta Dambaan yang terdiri Sekolah mantab (mandiri, terampil, asri dan berkualitas); Masyarakat sehat dan religius; Pertanian mandiri dan berkelanjutan; Infrastruktur terintegrasi; Ekonomi berdaya saing; dan Wisata maju terus dan birokrasi dambaan.

 

“Untuk itu sekali lagi saya mengharapkan komunikasi antara pemerintah dan ormas-ormas yang ada di Sergai harus tetap dipelihara. Ini karena ormas sebagai perantara bagi masyarakat yang akan menyampaikan aspirasinya kepada pemerintah,” tandas Adlin.

Dalam kegiatan ini, ditetapkan pula para pengurus PGID Sergai untuk periode 2022-2027 di mana Pdt. Ryns Warjono Pasaribu, S.Sos, M.Div dari HKBP terpilih sebagai Ketua Umum, Ketua (Gereja dan oikumene) Pdt. Agus Tirtawaty Harahap, S.Th dari GMI, Ketua (Hubungan Pemerintah) Pdt. Ebsan J. Simanjuntak, S.Th (HKI), Ketua (Keuangan dan Bisnis) Pdt. Santo Marpaung, S. Th (HKBP), Sekretaris Umum St. Sahala Siburian, SE (HKBP), Wakil Sekretaris Umum Pt. Yudha Prana Tarigan (GBKP) dan Bendahara Umum Pdt. Jon Liberson Purba, S.Si Teol. (GKPS).

Dalam kegiatan ini hadir pula perwakilan Kakan Kemenag Sergai, Kepala Dinas Nakerkop Drs. Fajar Simbolon, M.Si, Ketua Pimpinan Wilayah PGI Wilayah Sumut diwakili Pdt. J. Hasibuan dan Pdt. Dr.H Tarigan serta Pimpinan Distrik Wilayah (HKBP, GKPS, HKI) Pdt. Sikpan Sihombing, Pdt. Uba Panggabean, dan Pdt. Renni Damanik. (mar)

Komentar Anda

Terkini