Rektor USU Muryanto Amin Terpilih Sebagai Ketua RATA BKS - PTN Wilayah Barat Periode 2023-2025

Sabtu, 19 November 2022 / 14.30


Rapat Tahunan Badan Kerja Sama Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat yang digelar Kamis - Minggu, 17-20 November 2022 di Hotel Niagara Parapat, Sumatera Utara.(f-humas)

MEDAN, KLIKMETRO.COM - Rapat Tahunan (RATA) Badan Kerja Sama Perguruan Tinggi Negeri (BKS-PTN) Wilayah Barat yang digelar Kamis - Minggu, 17-20 November 2022 di Hotel Niagara Parapat, Sumatera Utara sukses digelar. Rapat dengan agenda laporan program tahunan itu juga memilih dan memutuskan Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Dr Muryanto Amin, SSos, MSi sebagai Ketua BKS-PTN Wilayah Barat untuk Periode 2023-2025 dan menghasilkan sebuah kesepakatan bersama bahwa BKS-PTN Barat akan menguatkan kolaborasi agar PTN di Indonesia memiliki kekuatan yang merata.

BKS-PTN Barat berkomitmen untuk membangun dan memperkuat kolaborasi antarperguruan tinggi sehingga tercipta inovasi-inovasi yang bermanfaat untuk negeri. Kolaborasi juga akan membuat perguruan tinggi di wilayah Barat saling mengisi dalam kekurangan, dan saling mendorong untuk kemajuan sehingga perguruan tinggi yang tergabung dalam BKS-PTN Barat memiliki kekuatan yang sama di segala bidang. 

Ketua BKS-PTN Wilayah Barat Periode 2021-2023 yang juga Rektor Universitas Ageng Tirtayasa (Untirta) Prof. Dr. H. Fatah Sulaiman, S.T., M.T., berterimakasih kepada USU yang telah menjadi host dalam kegiatan yang digelar di tengah objek wisata Danau Toba sehingga membawa kesan tersendiri bagi para peserta.

RATA BKS-PTN Wilayah Barat ini sendiri dihadiri rektor-rektor dari 38 perguruan tinggi yang berasal dari wilayah barat, yakni Universitas Syiah Kuala, Universitas Negeri Medan, Universitas Riau, Universitas Andalas, Universitas Negeri Padang, Universitas Jambi, Universitas Sriwijaya, Universitas Lampung, Universitas Tanjungpura, Universitas Bengkulu, ISI Padang Panjang, Universitas Palangka Raya, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Malikussaleh, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, IPB University, Universitas Indonesia, UIN Sultan Syarif Kasim Riau, Universitas Maritim Raja Ali Haji, Universitas Bangka Belitung, Universitas Teuku Umar, UIN Raden Fatah Palembang, UIN Ar-Raniry, Institut Teknologi Sumatera, ISBI Aceh, Universitas Samudra, Universitas Pertahanan, Universitas Siliwangi, Universitas Singaperbanga, Universitas Nasional Veteran Jakarta, UIN Sumatera Utara, Universitas Terbuka Jakarta, IAIN Batusangkar, dan Universitas Pendidikan Indonesia.

Kegiatan RATA BKS-PTN Wilayah Barat sendiri diawali dengan seminar bertema "Kebijakan Baru dalam Program Seleksi Calon Mahasiswa Baru Jalur Mandiri" yang dipaparkan Plt Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Prof. Ir. Nizam, MSc, DIC, PhD, IPU, Asean Eng., yang diwakili Plt. Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Dr. Ir. Sri Gunani Partiwi, M.T. 

Kemudian dilanjutkan dengan seminar "Penguatan Integritas Ekosistem Perguruan Tinggi" yang dipaparkan Deputi Pendidikan dan Peranserta Masyarakat KPK RI Wawan Wardiana yang diwakili Kasatgas Pemberdayaan Jejaring Pendidikan Jermia Djati yang dilakukan secara luar jaringan (luring), serta seminar "Kebutuhan Profil SDM untuk Pertumbuhan Industri Digital di Perkebunan" yang dipaparkan Direktur Utama Holding Perkebunan Nusantara PTPN III Dr. Abdul Ghani, M.Si.

Pertemuan tersebut menghasilkan beberapa rekomendasi yakni mempebaiki sistem seleksi mandiri yang akan berkolaborasi dengan Konsorsium Perguruan Tinggi Kawasan Timur Indonesia, dan Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia. Selain itu juga dideklarasikan dukungan implementasi penguatan integritas ekosistem perguruan tinggi negeri sebagai bentuk transparansi dan akuntabilitas pelayanan akademik perguruan tinggi. (vera)

Komentar Anda

Terkini