Mengaku Tergelitik, Pendonor Darah Kabupaten Malang Rendah

Senin, 26 Desember 2022 / 16.51

Ketua PMI Kabupaten Malang Hj Jajuk Rendra Kresna saat memberikan penghargaan. (ft-ist)

MALANG, KLIKMETRO.COM - Pendonor darah warga Kabupaten Malang dinilai masih rendah.

Hal itu diungkapkan Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto saat menghadiri Hari Relawan Kabupaten Malang di gedung SMA Negeri Bululawang, Senin (26/12/2022).

Ia mengaku sangat menggelitik, soal rendahnya pendonor di Kabupaten Malang.

Menurutnya angka kesadaran masyarakat untuk berkontribusi sebagai pendonor darah salah satu penyebabnya adalah tingkat kesadaran masyarakat.

"Ini menjadi kewajiban kita bersama untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat soal pentingnya donor darah, tidak hanya bermanfaat bagi manusia tapi juga bermanfaat bagi diri kita sendiri,"kata Didik Gatot Subroto.

Kebutuhan darah di Kabupaten Malang sendiri lanjut Didik sangat tinggi jika dibandingkan dengan jumlah fasilitas Rumah Sakit di Kabupaten Malang.

Didik mencatat setidaknya 2 RS milik Pemerintah, 14 RS Swasta dan sejumlah Klinik ada di Kabupaten Malang , mau tak mau kebutuhan darah bagi pasien sangat tinggi. Ditambah , Kabupaten Malang sendiri saat ini masih memiliki dua Unit Transfusi Darah yakni di Pakisaji dan Kepanjen sehingga dinilai masih butuh tambahan Unit Tranfusi Darah.

Untuk itu dirinya menilai setidaknya , di Kabupaten Malang masih butuh tambahan Unit Transfusi Darah terutama di wilayah timur seperti Turen dan  wilayah barat Kabupaten Malang.

Lantas apaakah ada rencana menambah kantor layanan Unit Transfusi Darah(UTD) Didik menerangkan jika kewenangan untuk menambah kantor UTD tersebut ada di Pimpinan Pusat PMI.

"Ya ini menjadi kewenangan PMI Pusat, kita tinggal suporting saja,"tukas Didik.

Terpisah, Ketua PMI Kabupaten Malang Hj.Jajuk Rendra Kresna mengatakan bukan masalah membangun UTD baru, tapi adalah upaya untuk mengoptimalkan keberadaan UTD yang ada.

"Ya karena terkendala tempat makanya kita optimalkan UTD yang ada, ini tantangan bagi kita untuk memaksimalkan keberadaan UTD, terutama adalah kebutuhan darah bagi masyarakat yang membutuhkan. Tidak hanya bagi warga Kabupaten Malang saja tapi juga masyarakat Malang Raya meliputi Kabupaten Malang , Kota Malang dan Kota Batu,"pungkas Jajuk Rendra Kresna. (sigit)

Komentar Anda

Terkini