Terima Studi Banding Wartawan Pemko Medan, Pemko Bandung Sebut Pentingnya Keterbukaan Informasi di Era Digital

Rabu, 14 Desember 2022 / 23.21

Mewakili Pemko Medan, Hendra Saputra Lubis memberikan plakat kepada Pemko Bandung yang diterima Kepala Bidang Desiminasi Kominfo Bandung, Susidarsiti saat kunjungan studi banding wartawan Unit Pemko Medan. (ft-istimewa)

MEDAN, KLIKMETRO.COM - Sebanyak 45 wartawan Unit Pemko Medan melakukan studi banding ke Pemerintah Kota (Pemko) Bandung.

Kedatangan rombongan wartawan ini diterima Pemko Bandung melalui Kadis Kominfo, Yayan Ahmad Berliana, diwakili Kepala Bidang Desiminasi Kominfo Bandung, Susidarsiti, Rabu (14/12/2022).

Mewakili Kadis Kominfo Kota Medan Arrahman Pane, Subkor Sumber Daya Komunikasi Publik Kominfo Medan, Hendra Saputra Lubis mengucapkan terima kasih kepada Diskominfo Kota Bandung yang telah menerima kunjungan wartawan Unit Pemko Medan yang difasilitasi Diskominfo Kota Medan.

Dia mengatakan kunjungan ini merupakan studi banding untuk mengembangkan pariwisata dan peranan wartawan dalam mempublikasikan sehingga menambah minat wisatawan, baik lokal maupun mancanegara untuk berkunjung.

Sementara itu, Ketua Rombongan Wartawan Unit Pemko Medan, Amsari Kaji mengucapkan terima kasih kepada Diskominfo Kota Bandung yang telah bersedia menerima dan meluangkan waktu untuk rombongan Wartawan Unit Pemko Medan.

"Banyak hal yang bisa kami ambil dari diskusi hari ini. Sesuai tagline Wali Kota Medan, Bapak Bobby Nasution, Pemko Medan selalu siap berkolaborasi dengan semua pihak, termasuk kami Wartawan Unit Pemko Medan dengan Diskominfo Bandung," kata Amsari.

Menanggapi itu,pihak Diskominfo Bandung menyampaikan pentingnya keterbukaan informasi di era digital. Untuk itu, Pemko Bandung terus berinovasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat untuk bisa mengakses seluruh informasi yang dibutuhkan, termasuk tentang program kerja Pemko Bandung.

"Saat ini sangat penting keterbukaan informasi di era digital. Untuk itu kami memberikan akses seluas-luasnya untuk masyarakat,"jelas Kepala Bidang Desiminasi Kominfo Bandung, Susidarsiti dalam pertemuan yNg berlangsung di Command Centre pada gedung Pemko Bandung di Jalan Wastukencana No. 2, Babakan, Ciamis, Kota Bandung.

"Pemko Bandung memberikan akses seluas-luasnya kepada masyarakat, terlebih kepada awak media untuk bisa mendapatkan informasi tentang perkembangan dan semua informasi yang dibutuhkan di Kota Bandung," ucap Susidarsi yang didampingi tim Analisis Media Kominfo Bandung Atik Suprihatin, Subkor Kemitraan Lilis Yuliani dan Yusuf Cahyadi Manurung.

Dia menambahkan, Pemko Bandung telah menyiapkan website bandung.go.id agar masyarakat bisa mengakses informasi seluas-luasnya.

"Mulai dari program yang ada di Pemko Bandung dan data-data yang dibutuhkan seperti ketersedian kamar di RS, ketersediaan stok darah, situasi arus lalu lintas, dan banyak hal lainnya. Termasuk, tentang jadwal kegiatan Wali Kota Bandung, semua bisa di akses dengan mudah. Selain website, Pemko Bandung juga menyiapkan berbagai aplikasi pendukung," ujarnya.

Kepada wartawan unit Pemko Medan, Susidarsiti juga menjelaskan bahwa di Diskominfo Kota Bandung terdapat lebih dari 300 wartawan yang terdata.

"Pemko Bandung selalu terbuka dengan semua media, tapi semua harus mengikuti aturan yang ditetapkan, terkhusus agar dapat menjalin kerjasama. Yang pasti, kita selalu melibatkan teman-teman wartawan di lingkungan Pemko Bandung dalam setiap kegiatan," katanya.

Tak cuma itu, sambung Susidarsiti, Pemko Bandung juga memiliki sejumlah program yang bersifat menampung aspirasi, memberikan informasi serta edukasi kepada masyarakat luas.

"Pemko Bandung punya program 'Bandung Menjawab'. Lalu juga kita siapkan aplikasi 'Lapor' untuk masyarakat melapor tentang pelayanan yang tidak maksimal. Intinya semua yang kita siapkan berbasis keterbukaan informasi," ungkapnya.

Sebagai Kota Wisata, sambung Susidarsiti, media memiliki peran untuk terus mempromosikan pariwisata di Kota Bandung sebagai salah satu sumber terbesar PAD.

"Oleh sebab itu Pemko Bandung selalu melibatkan media dalam memajukan sektor pariwisata," pungkasnya.

Sebagai penutup, Diskominfo Kota Medan menyerahkan plakat kepada Diskominfo Kota Bandung dan dilanjutkan dengan sesi foto bersama dengan seluruh rombongan wartawan Unit Pemko Medan yang hadir dalam kesempatan itu. (mar)

Komentar Anda

Terkini