Dukung Pelebaran Jalan Selamet Ketaren, 2 Anggota DPRD Deli Serdang Sebut Konsep GSDM

Kamis, 19 Januari 2023 / 09.22

Dua Anggota DPRD Deli Serdang H Rahmadyah dan OK Arwindo didampingi Camat Percut Sei Tuan A. Fitryian Syukri mengedukasi masyarakat Desa Medan Estate agar mendukung pelebaran Jalan Selamat Ketaren. (ft-lubis/klikmetro)

DELI SERDANG, KLIKMETRO.COM - Pelebaran Jalan Selamat Ketaren, Desa Medan Estate, Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang menggunakan konsep Gerakan Deli Serdang Membangun (GSDM). Untuk itu masyarakat diminta mendukung program ini untuk kemajuan Kabupaten Deli Serdang.

Hal ini disampaikan dua anggota DPRD Deli Serdang H Rahmadsyah SH (PKB) dan OK Arwindo (Golkar) yang turun langsung ke masyarakat di seputaran Jalan Selamat Ketaren untuk memberikan edukasi dan sosialisasi terkait pelebaran jalan di kawasan tersebut, Rabu (18/1/2023). 

Pada pertemuan yang berlangsung di Kantor Desa Medan Estate difasilitasi oleh Camat Percut Sei Tuan A Fitriyan Syukri dan Kepala Desa Medan Estate Asdat Lubis.

Disebutkan juga, konsep GSDM yang diterapkan oleh almarhum Bupati Deli Serdang, Amri Tambunan dalam percepatan pembangunan Kabupaten Deli Serdang baik untuk pendidikan maupun infrastuktur dengan 3 pilar (Masyarakat, Pengusaha, Pemerintah), dengan bekerjasama dalam pembangunan  Deli Serdang.

Rencananya pelebaran Jalan Selamat Ketaren, Desa Medan Estate, Kecamatan Percut Sei Tuan, sepanjang 150 meter, lebar 12 meter.

"Konsep GDSM sudah lama diterapkan oleh Almarhum Bupati Deli Serdang untuk percepatan pembangunan yang ada di Deli Serdang baik untuk Pendidikan maupun Infrastruktur.

Bayangkan saja, tadinya jalan yang hanya 4 meter dan rencananya akan dilebarkan menjadi 12 meter agar seluruh jalan Selamat Ketaren sampai menuju Kampus Unimed dan Jalan Rumah Sakit Haji sama lebarnya menjadi 12 meter,"jelas Rahmadsyah yang merupakan warga Percut Sei Tuan.

Sebagai wujud terimakasih terhadap almarhum Amri Tambunan, Rahmadsyah langsung memimpin acara doa bersama untuk tokoh kharismatik Deli Serdang, H Amri Tambunan, yang merupakan abang kandung Bupati DS saat ini, H Ashari Tambunan.

Di kesempatan sama, anggota DPRD DS OK Arwindo yang merupakan putra asli Medan Estate mengaku gembira dapat mendukung program pelebaran jalan Selamat Ketaren lewat program GDSM ini. 

Arwindo berharap warga yang terimbas proyek pembangunan ini dapat legowo menyerahkan tanahnya, sebab tanah tersebut sangat diperlukan masyarakat untuk memperlebar jalan yang selama ini menjadi biang kemacetan lalu lintas. 

“Saya kira perlu negosiasi yang dilakukan dengan cara persuasive agar semua pihak tidak ada yang dirugikan,” tegasnya.

Sementara itu, Camat PS Tuan A. Fitriyan Sukri SSTP mengatakan, program pelebaran jalan Selamat Ketaren persisnya mulai dari persimpangan Letda Sujono hingga persimpangan Unimed sudah disetujui Pemkab DS. Hanya saja, masalah ganti untung warga yang terimbas pelebaran tidak menjadi bagian rekomendasi Pemkab.

"Sebab itu, kami mengundang semua pihak, mulai dari anggota dewan (hanya dihadiri 2 orang), serta masyarakat, pemuda, mahasiswa dan kalangan dunia usaha untuk ikut bersama membangun serta menemukan solusi bagi permasalahan yang ada.

Pemkab DS sudah mengakomodir pembangunan ini, Pemkab sudah melakukan pembuatan saluran air (parit) di sisi lahan yang sebelumnya masih dihuni warga, yang sebenarnya, kata Camat, masih termasuk dalam Garis Sempadan Bangunan (roilen).

Namun untuk uang ganti rugi lahan yang terpakai, itu tidak ada, paling tidak adalah uang ‘pago-pago’, tapi jangan diartikan sebagai ganti rugi,” ujar Camat.

Dalam pertemuan penuh keakraban itu, juga dihadiri tokoh masyarakat, pemuda, perwakilan perusahaan yang berada di kawasan Medan Estate, demikian juga mahasiswa UINSU, UMA dan Unimed yang berada di area tersebut.

Di kesempatan itu, Babinsa, Kepala Dusun se Medan Estate, tokoh masyarakat, pemuda dan perwakilan perusahaan turut memberikan sumbangan sebagai bentuk partisipatif mereka, hingga terkumpul Rp11.250.000,- (lbs/mp)

Komentar Anda

Terkini