Wabup : ASN Harus Bertindak dan Berperilaku Sesuai Sistem Among Filosofi Tri Loka

Senin, 20 Februari 2023 / 21.00

Wakil Bupati Deli Serdang HM Ali Yusuf Siregar secara simbolis menyerahkan Jaminan Kematian (JKM) dari BPJS Ketenagakerjaan kepada ahli waris. (ft-kominfo deli serdang) 

LUBUK PAKAM, KLIKMETRO.COM - Wakil Bupati Deli Serdang HM Ali Yusuf Siregar mengajak semua Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deli Serdang untuk melakukan refleksi atas capaian kinerja bersama dalam mengemban amanah sebagai pelayan masyarakat. Yaitu hal-hal baik apa saja yang sudah dilakukan dalam mencapai target kinerja sebagai ASN, dan hal- hal apa saja yang perlu diperbaiki,serta ditingkatkan demi untuk pelayanan terbaik bagi seluruh lapisan masyarakat.

"Kelancaran penyelenggaraan tugas pemerintah dan pembangunan nasional sangat tergantung pada mekanisme kerja apartur sipil negara. Sebab, ASN bukan hanya sekedar unsur apartur negara melainkan juga abdi masyarakat yang hidup ditengah-tengah masyarakat dan bekerja untuk kepentingan masyarakat,”Kata Wabup saat menjadi pembina apel gabungan di lingkungan Pemkab Deli Serdang di Halaman Kantor Bupati Deli Serdang, Lubuk Pakam, Senin (20/2/2023).

Selanjutnya, Wabup mengatakan bahwa ASN di Kabupaten Deli Serdang sebagai penyelenggara pemerintahan diberikan tugas dan tanggungjawab untuk merumuskan langkah-langkah strategis dan upaya-upaya kreatif guna mewujudkan peningkatan kesejahteraan masyarakat secara adil, demokratis dan bermartabat.

Wabup menekankan bahwa ASN harus bertindak dan berperilaku sesuai sistem among filosofi Tri Loka (Ki Hajar Dewantara) yaitu: “Ingarso Sung Tulodo”: tampil didepan menjadi sosok tauladan dan panutan bagi masyarakat dimanapun dan kapanpun; “Ing Madyo Mangun Karso”, tampil ditengah-tengah menjadi pembangkit semangat dan pembangun kehendak untuk berkontribusi melalui karya terbaik sebagai abdi negara dan abdi masyarakat, dan “Tut Wuri Handayani”, tampil dibelakang menjadi pendorong untuk mencapai kehidupan yang lebih baik dengan masyarakat yang maju dan sejahtera,”Jelas Wabup.

Pada kesempatan apel ini, Wabup mempertegas kembali kepada setiap ASN Pemkab Deli Serdang, bahwa harus mampu menguasai dan mempedomani regulasi atau dasar hukum, memahami dan melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai ASN, serta tampil percaya diri dalam mengemban amanah dan tanggungjawab sebagai abdi negara dan abdi masyarakat. 

“Selain itu, harus juga dapat menjadikan slogan “berakhlak” yaitu: berorientasi pada pelayanan dengan akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif dan kolaboratif menjadi budaya kerja dilingkungan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) masing-masing,” Kata Wabup.

Menutup bimbingan pada apel ini Wabup berharap kepada ASN untuk menjadi seorang yang profesional, kreatif, inovatif dan berkarakter mulia, dalam memenuhi berbagai kebutuhan - kebutuhan serta harapan - harapan seluruh masyarakat, dengan terus meningkatkan kompetensi yang berkualitas terutama pada kemajuan teknologi dibidang Informasi Teknologi (IT), agar kita mampu menghadapi perubahan-perubahan moderisasi saat ini. 

“Agar semua yang kita cita – cita untuk menjadikan Kabupaten Deli Serdang yang maju dan sejahtera dengan masyarakatnya yang religius dan rukun dalam kebhinekaan dapat segera tercapai. Semoga allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberi petunjuk dan kekuatan kepada kita sekalian, untuk melanjutkan pengabdian terbaik kita, kepada bangsa dan negara khususnya kabupaten deli serdang yang kita cintai ini,” harap Wabup.

Di sela-sela apel tersebut, secara simbolis Wabup menyerahkan Jaminan Kematian (JKM) dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan kepada ahli waris.

Hadir pula pada apel tersebut, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tanjung Morawa, Andi Widya Leksana; Sekretaris Daerah (Sekda), H Timur Tumanggor SSos MAP; para staf ahli, asisten, kepala organisasi perangkat daerah (OPD), kepala bagian, camat, lurah serta jajaran ASN dan Non ASN Pemkab Deli Serdang. (lbs)

Komentar Anda

Terkini