Tingkatkan Ekonomi Masyarakat Melalui Pendirian Koperasi Masjid

Selasa, 04 April 2023 / 04.39

Sekda Kora Medan Ir Wiriya Alrahman Safari Ramadan di Masjid Jami' 1915 di Jalan Brigjen Katamso. (ft-kominfo medan)

MEDAN, KLIKMETRO.COM - Melalui program Masjid Mandiri, Wali Kota Medan Bobby Nasution berharap masjid dapat menjadi cikal bakal peningkatan ekonomi masyarakat. Salah satu upaya mewujudkan hal  itu melalui pendirian koperasi masjid.

"Bapak Wali Kota Medan saat ini menggalakkan Masjid Mandiri. Tidak hanya sebagai tempat beribadah, masjid juga psebagai pusat perekonomian umat," kata Wali Kota diwakili Sekda Kota Medan Wiriya Al-rahman saat Safari Ramadan di Masjid Jami' 1915 di Jalan Brigjen Katamso, Senin (3/4/2023).

Selain itu, kata Wiriya, Wali Kota juga menginginkan dari masjid ini masyarakat dapat saling berdiskusi membahas mengenai kemaslahatan umat. 'Dari hasil  pembahasan itu,  sampaikan apa yang bisa kami bantu untuk masyarakat di sini," ungkapnya.

Selanjutnya, mantan Kepala Bappeda Kota Medan ini menyampaikan program pembangunan infrastruktur yang saat ini tengah dikerjakan oleh Pemko Medan. Diakuinya, program ini berdampak terhadap kemacetan lalu lintas perkotaan. 

"Atas nama Pemko Medan, kami   menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat atas ketidaknyamanan ini. Insya Allah pembangunan infrastruktur yang dilakukan dapat mengatasi seluruh masalah yang ada di Kota Medan," harapnya. 

Dalam Safari Ramadan tersebut, Wiriya kemudian memberikan  bantuan hibah dari Pemko Medan sebesar Rp.50 juta  pembangunan Masjid Jami' 1915. Kemudian, bantuan paket Ramadan dan sembako sebesar Rp.10 juta. Lalu, penyerahan akta pendirian koperasi masjid serta dan pemberian santunan kepada anak yatim piatu se-Kecamatan Medan Maimun.

Sebelumnya, Ketua BKM Masjid Jami' 1915  Azhari dalam sambutan menjelaskan,  Masjid Jami' 1915 ini merupakan salah satu masjid tertua di Kota Medan dengan usia 108 tahun. Oleh karenanya, imbuhnya, masjid  perlu untuk direnovasi karena bangunannya sudah sangat tua.

"Seluruh  masyarakat disini berharap ada perhatian dari Pemko Medan terhadap Masjid  Jami' 1915 ini. Di samping itu juga perbaikan  jalan menuju kem masjid," harapnya Azhari dalam Safari Ramadhan yang diisi dengan tausiah yang disampaikan Ustad M Yusuf Siregar. (mar)

Komentar Anda

Terkini