MPP Tebing Tinggi Pertama di Sumut dan Urutan ke 52 di Indonesia, Hadirkan Pelayanan Terbaik Untuk Masyarakat

Rabu, 13 Desember 2023 / 21.58

Mal Pelayanan Publik Tebing Tinggi. (ft-ist)

TEBING TINGGI, KLIKMETRO.COM - Sebagai masyarakat pada umumnya, tentunya menginginkan pelayanan yang terbaik dalam setiap pengurusan administrasi di pemerintahan, terutama bagi masyarakat yang ada di Kota Tebingtinggi, dimana saat ini masyarakat sangat butuh akses pelayanan publik yang cepat, mudah dan transparan.

Saat ini, di Kota Tebingtinggi sudah berdiri sebuah Mal Pelayanan Publik (MPP) yang dinaungi Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) yang berada di lantai 1, Balai Kartini Convention Center and Public Service, Jalan Gunung Leuser, Kecamatan Rambutan.

MPP ini berdiri dan diresmikan pada tahun 2022 lalu, tepatnya hari Rabu, tanggal 2 Maret oleh Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi bersama Deputi Bidang Pelayanan Publik, Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) Republik Indonesia, Prof. Dr. Diah Natalisa MBA, dimana pada saat diresmikan, MPP Kota Tebingtinggi merupakan yang pertama di Provinsi Sumatera Utara dan ke 52 se-Indonesia kala itu.

Ini merupakan rancangan Kemenpan RB sebagai perbaikan menyeluruh dan merupakan transformasi tata kelola pelayanan publik dengan menggabungkan berbagai jenis pelayanan dalam satu tempat, penyederhanaan prosedur serta meningkatkan integrasi pelayanan sehingga memudahkan akses masyarakat dalam mendapat berbagai jenis pelayanan, serta meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada penyelenggara pelayanan publik terutama di Kota Tebingtinggi.

Hadirnya MPP di Kota Tebingtinggi saat ini telah mempermudah masyarakat dalam mengurus sesuatu dan sudah seharusnya masyarakat mendapatkan pelayanan terbaik terutama dalam pengurusan perizinan dan lainnya. Selain itu, MPP juga telah membuat para investor bergairah untuk berinvestasi di Kota Tebingtinggi.

Itu ditunjukkan dengan hadirnya beberapa investor yang tertarik membuka usaha baru di Kota Tebingtinggi, antara lain yang bergerak di bidang bisnis usaha jasa publik.

Hal itu pernah diungkapkan Kepala DPMPTSP Tebingtinggi, Surya Dharma bersama Sekretaris Amris Siahaan saat menjamu para wartawan di MPP Tebingtinggi pada Selasa (25/10/2022) sore.

Ia saat itu menerima kehadiran puluhan wartawan yang tergabung dalam Forum Wartawan Sumut bersama pengurus Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Kota Tebingtinggi yang mengunjungi MPP untuk melihat langsung pelayanan yang ada disana 

Rombongan Forum Wartawan Sumut bersama pengurus SMSI Kota Tebingtinggi telah melihat langsung operasional petugas di masing-masing gerai/loket yang ada di sana. Pelayanan perizinan berada dalam satu area.

Kadis DPMPTSP menjelaskan ada sekitar 41 gerai perizinan yang siap melayani urusan warga maupun untuk urusan investasi, diantaranya urusan Catpil, BPJS, SIM, listrik, Air, dan izin-izin perusahaan, persyaratan buka usaha, ataupun untuk penanaman modal atau investasi.

“Ini akan bertambah terus, sebentar lagi asosiasi-asosiasi seperti Kadin, juga hadir buka gerai di sini,” ujar Kadis DPMPTSP kala itu.

Lebih lanjut dikatakannya bahwa layanan urusan di MPP Kota Tebingtinggi tidak dipungut biaya alias gratis, kecuali untuk retribusi yang telah diatur resmi lewat Perda.

Selain itu, pelayanan perizinan di MPP ini dilakukan secepat mungkin. “Jadi MPP ini untuk mempermudah dan mempercepat urusan masyarakat dalam melakukan proses perizinan, intinya kita berikan pelayanan yang terbaik dan memuaskan,” bilangnya.

Sejak resmi beroperasi Maret 2022 itu, lanjut Kadis DPMPTSP, MPP ini dapat mencegah terjadinya praktik-prktik korupsi. “Target kita wilayah ini adalah wilayah bebas korupsi,” kata Surya Darma menerangkan.

Sekilas informasi tentang MPP ini untuk masyarakat, khususnya masyarakat Kota Tebingtinggi agar menjadi referensi jika ingin datang mengunjungi MPP untuk mendapatkan pelayanan Disana.

Ada sebanyak 41 gerai layanan yang ada di MPP Kota Tebingtinggi, terdiri dari kementerian/lembaga BUMN/BUMD, instansi, pemerintah daerah, dengan total layanan yang ada di MPP sebanyak 128 jenis layanan.

Disana juga dilengkapi fasilitas pendukung seperti adanya ruang bermain anak, ruang laktasi, klinik, ruang baca, fasilitas disabilitas, sehingga masyarakat dapat merasa aman, nyaman dan puas jika berkunjung melakukan pengurusan sesuatu di MPP Kota Tebingtinggi dan dapat mengurus berbagai jenis urusan disatu tempat dengan menyinggahi gerai layanan lainnya. (ar)

Komentar Anda

Terkini