Debit Air Sungai Naik, Polres Batubara Monitoring dan Himbau Warga waspada

Minggu, 07 Januari 2024 / 20.28

Personel Polres Batubara memonitoring kenaikan air Sungai Dalu daku Desa Tanjung Muda, Kecamatan Air Putih, Minggu (7/1/2024). (ft-ist)

BATUBARA , KLIKMETRO.COM - Debit air Sungai Dalu - dalu desa Tanjung Muda kecamatan Air Putih, Batubara mengalami kenaikan, Minggu (7/1/2024). Kenaikan volume air tersebut akibat curah hujan yang tinggi di wilayah Simalungun. 

Polres Batubara melalui personil Polsek Indrapura terjun langsung memonitoring guna mengantisipasi terjadinya banjir.

Diketahui dampak volume air sungai Dalu - Dalu yang meningkat hingga melimpas ke tanggul Desa Tanjung Muda dan Desa Tanah Tinggi Kec. Air Putih hingga mengakibatkan 1 gereja dan 5 rumah warga tergenang air dengan ketinggian sekitar 30 cm. 

Meluapnya air juga mengakibatkan pengikisan pada benteng tanggul. Demikian juga dengan sungai Tanjung, Sungai Alang Tahar dan Sungai Suka terdapat peningkatan volume air sungai namun tidak  melewati tanggul.

Saat dikonfirmasi wartawan, Kasi Humas Polres Batubara, AKP AH Sagala mengatakan, " Personil Polres Batubara sudah turun langsung ke sejumlah sungai yang mengalami peningkatan debit air.

Dampak dari naiknya debit air sungai sebanyak 5 rumah dan 1 gereja terendam air dengan ketinggian 30 cm dan terjadinya pengikisan benteng tanggul, kita sudah berkordinasi dengan pihak terkait.

Guna untuk mengantisipasi banjir masyarakat melaksanakan gotong royong di tanggul Desa Tanjung Muda dan Tanah Tinggi untuk melakukan penimbunan tanggul yang terlimpas atau meluapnya air sungai, dann Mendatangkan alat berat beco untuk melakukan penimbunan tanggul. 

Dan Menghimbau kepada masyarakat agar tetap waspada dan bersikap tanggap apabila adanya peningkatan volume air sungai dan segera melaporkan".ucap AKP AH Sagala. (dani)

Komentar Anda

Terkini