Perpustakaan Digital Tingkatkan Literasi Masyarakat

Selasa, 16 Januari 2024 / 21.20

Bupati Deli Serdang, HM Ali Yusuf Siregar melaunching (meresmikan) Perpustakaan Digital Kabupaten Deli Serdang di Aula Cendana, Lantai II, Kantor Bupati Deli Serdang, Selasa (16/1/2024). (ft-kominfo deli serdang)

DELI SERDANG, KLIKMETRO.COM - Bupati Deli Serdang, HM Ali Yusuf Siregar melaunching (meresmikan) Perpustakaan Digital Kabupaten Deli Serdang di Aula Cendana, Lantai II, Kantor Bupati Deli Serdang, Selasa (16/1/2024).

Pada launching yang dirangkai dengan pemberian penghargaan Pemustaka Terbaik serta pemusnahan arsip Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deli Serdang itu, Bupati menekankan pendirian Perpustakaan Digital merupakan salah satu upaya Pemkab Deli Serdang dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM). Upaya itu dilakukan melalui peningkatan minat baca masyarakat dengan menawarkan berbagai kemudahan dalam mengakses informasi dan pengetahuan. 

Disebutkan Bupati, Perpustakaan Digital tidak hanya sebagai tempat untuk menyimpan buku cetak, namun juga sebagai pemberi informasi serta buku secara elektronik. 

"Harapannya, literasi masyarakat Deli Serdang bisa meningkat seiring dengan meningkatnya Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat atau PILN Deli Serdang. Mari kita manfaatkan inovasi ini serta budayakan membaca agar bisa menjadi masyarakat yang cerdas, mandiri dan bermartabat," kata Bupati.

Bupati kembali menjelaskan, pemberian penghargaan kepada Pemustaka atau Pengunjung Terbaik yang berkunjung dan menikmati berbagai fasilitas di Perpustakaan Daerah Deli Serdang merupakan bentuk apresiasi Pemkab Deli Serdang kepada masyarakat yang berperan aktif di Perpustakaan Daerah.

"Ini karena kehadiran perpustakaan atau pengunjung yang aktif merupakan salah satu indikator keberhasilan perpustakaan sebagai wadah tepat bagi masyarakat untuk mengakses informasi dan pengetahuan," terang Bupati.

Soal pemusnahan arsip, Bupati menyampaikan, hal itu merupakan salah satu bentuk pengelolaan arsip yang baik dan benar sesuai kaidah peraturan perundang-undangan kearsipan.

"Kegiatan (pemusnahan arsip) ini adalah menghancurkan fisik dan informasi arsip yang sudah tidak memiliki nilai guna dan melampaui jangka waktu penyimpanan, sehingga tercipta efisiensi dan efektivitas dalam kearsipan. Program ini akan menyelamatkan penyalahgunaan arsip dari pihak tidak bertanggung jawab," tutur Bupati.

Pemusnahan arsip yang dilakukan berasal dari lima organisasi perangkat daerah (OPD), yakni Dinas Sumber Daya Air Bina Marga dan Bina Konstruksi (SDABMBK), Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang), dan Dinas Perpustakaan dan Arsip.

Pemusnahan berkas dengan frekuensi arsip yang dilakukan adalah untuk berkas di bawah 10 tahun sebanyak 22.2001 berkas dengan rincian, Dinas SDABMBK 396 berkas, Sekretariat DPRD 291 berkas, BPKAD 2769 berkas, Bappeda Litbang 200 berkas dan Dinas Perpustakaan dan Arsip sebanyak 545 berkas.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Deli Serdang, Mukti Ali Harahap SAg MSi dalam laporannya menyampaikan, Perpustakaan Daerah Kabupaten Deli Serdang sebagai penyedia sumber informasi, selama ini masih menyediakan koneksi berbentuk fisik. Maka, dalam rangka penyesuaian dengan perubahan pola hidup masyarakat tentu sangat diperlukan perpustakaan berbasis online atau digital, sehingga perpustakaan tetap menjadi elemen vital kebutuhan masyarakat dalam menerima informasi dan menambah ilmu pengetahuan.

Pemusnahan arsip, sebut Kadis Perpustakaan dan Arsip, dilakukan sesuai amanah Undang-Undang (UU) No.43 Tahun 2009. Pemusnahan arsip adalah sebuah penelitian yang harus dilaksanakan, termasuk lembaga pemerintah. 

"Pemusnahan ini telah mengikuti proses dan prosedur sesuai dengan ketentuan, termasuk persetujuan tertulis dari Kepala Arsip Nasional di Jakarta," sebutnya.

Launching Perpustakaan Digital dan pemberian penghargaan, kata Kadis Perpustakaan dan Arsip, bertujuan untuk meningkatkan fasilitas pelayanan perpustakaan dan peningkatan kegemaran membaca masyarakat dan Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat, memberikan apresiasi terhadap pengunjung perpustakaan teladan, mengurangi jumlah arsip sehingga tercipta efisiensi dan efektivitas dalam penyelenggaraan kearsipan, menyelamatkan arsip bernilai guna yaitu arsip yang mengandung nilai guna pembuktian dan informasi, mendorong dan memotivasi OPD, kecamatan, kelurahan/desa, lembaga pendidikan lainnya untuk mengelola arsipnya dengan menggunakan aplikasi Srikandi.

Untuk transaksi elektronik aplikasi Srikandi pada OPD dan kecamatan, rinci Kadis Perpustakaan dan Arsip, sejak tanggal 31 Maret-29 Desember 2023, sebanyak 46.814 berkas atau dokumen terdiri dari 33.849 surat masuk dan 12.965 surat keluar, antara lain OPD peringkat pertama Dinas Dukcapil sebanyak 4.600 surat keluar, Dinas Perikanan 466 berkas, Dinas P2AP3KB 974 berkas keluar, Dinas Kominfostan 537 berkas, Dinas Pendidikan 499 berkas, Dinas Perpustakaan dan Arsip 458 berkas, Bapeddalitbang 378 berkas, Dinas Koperasi dan UKM 298 berkas, dan Dinas Perikanan 76 berkas.

Sedangkan kecamatan, di antaranya Kecamatan Lubuk Pakam 344 berkas, Pantai Labu 115 berkas dan Pancur Batu 48 berkas. Untuk desa, yaitu Desa Jatirejo, Kecamatan Pagar Merbau 93 berkas dan Desa Denai Lama, Kecamatan Pantai Labu 83 berkas.

"Kami sangat menyadari upaya peningkatan literasi masyarakat maupun pengelolaan arsip sesuai dengan ketentuan bukanlah hal mudah," ucap Kadis Perpustakaan dan Arsip.

Untuk penerima penghargaan Rombongan Wisata Baca Terbaik Tahun 2023 adalah Yayasan Perguruan Az-Zuhri, Yayasan SD Inti Bina Insan Batang Kuis, SMP Swasta Galih Agung Pesantren Darul Arafah Raya Kutalimbaru dan SMK skylandesa Yappsu Tanjung Morawa.

Kategori Pemustaka atau Pengunjung Terbaik untuk Pelajar Tahun 2023, Nayra Afhlia Dhawan, Zea Mecca, Nabilla Zahra Manalu dan Sahru Ramadhan.

Kategori Pemustaka Pengunjung Terbaik untuk Mahasiswa Tahun 2023, Wahyu Oriza, Muhammad Hasbi, Siti Fadilla dan Tasya Aliffia.

Kategori Pemustakan Pengunjung Terbaik untuk Umum, drg Siti Chamisah, Yulwandri, Jarmen Sijabat dan Boby Kurniawan.

Kategori Pemustaka Pengunjung Terbaik untuk Disabilitas diraih Roy Ignatius Sijabat dan Kategori Pemustaka Pengunjung ASN Pemkab Deli Serdang didapat Ifroh Zahrati SAg.

Turut hadir di acara itu, Kepala Dinas Perpustakaan Arsip Provinsi Sumatera Utara, Dwi Endah Purwanti SS MSi; Sekretaris Daerah Deli Serdang, H Timur Tumanggor SSos MAP; Inspektur, Edwin Nasution SH; Sekretaris DPRD Deli Serdang, Drs Binsar TH Sitanggang MSP; para pimpinan OPD Pemkab Deli Serdang; Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH Amir Panatagama SPdI; Camat Lubuk Pakam, Drs Syahdin Setia budi Pane; Camat Beringin, Drs Iskandar Sayuti Siregar; kepala desa serta guru SD dan SMP se-Deli Serdang. (lbs)

Komentar Anda

Terkini