Musrenbang RKPD di Gunungsitoli Jadi Wadah Penyerap Aspirasi Masyarakat

Jumat, 02 Februari 2024 / 23.03

Asisten Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemerintah Kota Gunungsitoli, Ampelius Nazara membuka Musrenbang RKPD 2025 di Aula kantor Kecamatan Gunungsitoli Barat, Jumat (2/2/2024). (ft-humas)

GUNUNGSITOLI, KLIKMETRO.COM -  Pemerintahan Kecamatan Gunungsitoli Barat, Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara, menggelar Musrenbang Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Tahun 2025.

Musrenbang yang dibuka Asisten Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemerintah Kota Gunungsitoli, Ampelius Nazara, itu berlangsung di Aula kantor Kecamatan Gunungsitoli Barat, Jumat (2/2/2024).

Dalam sambutannya, Ampelius menyebut bahwa RKPD merupakan dokumen perencanaan tahunan yang di implementasikan dalam RPJMD. Juga sebagai wadah bagi pemerintah mengidentifikasi permasalahan dan isu strategis daerah.

"Musrenbang RKPD bertujuan untuk menyerap aspirasi masyarakat dari tingkat Desa, Kecamatan, serta pokok-pokok pikiran DPRD dengan menyesuaikan arah kebijakan dan kapasitas keuangan daerah", ucapnya.

Dijelaskan Ampelius, pada hakekatnya Musrenbang RKPD Kecamatan menjadi forum strategis pemangku kepentingan dalam membahas dan menyepakati secara objektif aspirasi masyarakat desa yang menjadi usulan prioritas pembangunan.

"Saya berharap, Musrenbang hari ini dapat menghasilkan rumusan prioritas pembangunan yang nantinya menjadi bahan pemutakhiran RKPD Kota Gunungsitoli di Tahun 2025", ujar Ampelius.

Ditempat yang sama, Camat Gunungsitoli Barat, Fitelinamawati Hulu SE, M.Si, menerangkan bahwa ada tiga fokus tujuan dari pelaksanaan Musrenbang RKPD Kecamatan.

Adapun tugas fokus tujuan tersebut, diantaranya:

1. Membahas dan menyepakati rencana kegiatan pembangunan desa yang menjadi prioritas pembangunan kecamatan.

2. Membahas dan menyepakati kegiatan prioritas pembangunan kecamatan yang belum tercakup dalam skala prioritas pembangunan desa.

3. Menyepakati pengelompokan kegiatan prioritas pembangunan kecamatan sesuai dengan fungsi dan tugas satuan kerja perangkat daerah.

"Kami berharap, Musrenbang RKPD Kecamatan Gunungsitoli Barat melahirkan skala prioritas pembangunan yang bermuara dalam pada peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat", kata Fitelinamawati. (Ris)

Komentar Anda

Terkini