Nekat Mendaki Gunung Sibayak, 3 WN Rusia Diamankan Polisi

Jumat, 23 Februari 2024 / 22.11

Tiga warga negara Rusia diamankan pihak kepolisian guna mencegah mereka mendaki ke Gunung Sibayak, Kabupaten Karo. (ft-ist)

KARO, KLIKMETRO.COM - Kapolsek Simpang Empat dan Personilnya serta dibantu Koramil 04 berhasil menggagalkan aksi mendaki tiga Warga Negara Rusia di Gunung Sinabung, Jumat 23 februari 2024 sekira pukul 12.30 wib.

Menurut Kapolres Tanah Karo AKBP Wahyudi Rahman , S.H., S.I.K., M.M., CPHR., CBA melalui Kapolsek Simpang Empat AKP Dedy S, Ginting, S.H berawal dari adanya informasi masyarakat bahwa ada 3 (tiga) orang warga negara Rusia yang mengendarai 1 (satu) unit Mobil merk Daihatsu Xenia No. Pol BK 1211 ADS warna hitam yang akan melakukan pendakian ke Gunung Sinabung.

Adapun identitas ke 3 warga negara Russia tersebut adalah : Timofei Zalnein, 42 thn, lk, Rusia dan Alexandr Voronkov, 49 thn, lk, Rusia menginap di Kaesa Home Stay jln. Perwira Kelurahan Gundaling 1 Kecamatan Brastagi serta Fasha, 43 thn, pr Rusia tinggal di Kabupaten cafe Jl. Gundaling Kelurahan Gundaling 1 Kecamatan Brastagi Tanah Karo. 

Sebelumnya dari pemilik Home Stay An. Kasman Sembiring, 65 thn ketiganya sudah disarankan untuk tidak melakukan pendakian ke Gunung Sinabung karena berbahaya dan bisa ditangkap polisi. Namun saran tersebut tidak ditanggapi ke 3 warga Rusia tersebut.

Kapolsek menyebutkan pihaknya lakukan koordinasi dengan pihak Pusat Vulkanologi Dan Mitigasi Bencana Geologi, Koramil 04 serta melakukan Pulbaket dan patroli di sekitar Danau Lau Kawar dan Kaki Gunung Sinabung bersama masyarakat lewati akses jalur pendakian Gunung diantaranya Kota Tonggal, Desa Sukanalu dan Desa Sigarang garang. Akhirnya Mobil Daihatsu No. Pol BK 1211 ADS berhasil ditemukan. 

Kepada warga Negara Rusia, kapolsek secara bumanis menghimbau bahwa kegiatan pendakian Gunung Sinabung tidak bisa dilakukan mengingat Status Gunung Sinabung aktif dan sangat berbahaya.

"Sewaktu-waktu waktu bisa terjadi letusan gunung tanpa kita ketahui dan hal tersebut akan berakibat fatal kepada orang yang akan melakukan pendakian," demikian disampaikan Dedi.

Setelah mendengar penjelasan Kapolsek Simpang Empat ke 3 warga negara Rusia mengerti dan mereka mengurungkan niatnya untuk lakukan pendakian ke Gunung Sinabung serta kembali ke Brastagi.

“Saya ucapkan terimakasih atas bantuan semua pihak dan masyarakat, tentunya yang aktif memberikan informasi kepada kami serta menyuarakan kepada semua pengunjung bahwa gunung Sinabung tidak bisa dilakukan Pendakian mengingat status Gunung Sinabung tersebut aktif dan sewaktu-waktu dapat meletus," pungkasnya. (mt/red)

Komentar Anda

Terkini