BRI BO Sibolga Siapkan 104 Alat Pembayaran Non Tunai Untuk UMKM

Selasa, 30 April 2024 / 13.45

BRI Cabang Kota Sibolga telah menyiapkan dan sekaligus memperbanyak alat transaksi non tunai guna untuk mempermudah nasabah dalam berbelanja dan melakukan pembayaran. (ft-ist)

SIBOLGA, KLIKMETRO.COM - PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Kota Sibolga, Sumatera Utara telah menyiapkan dan sekaligus memperbanyak alat transaksi non tunai guna untuk mempermudah nasabah dalam berbelanja dan melakukan pembayaran.

Pimpinan Cabang BRI Sibolga, Bagus Prabu Danianto mengatakan sistem pembayaran terus berevolusi dari waktu ke waktu, diikuti dengan evolusi alat pembayaran. Alat pembayaran yang dahulu berupa tunai (cash-based) berevolusi ke alat pembayaran non-tunai berbasis kertas (paper-based) dan berbasis kartu (card-based). 

"Perubahan sistem serta alat pembayaran menuntut semua pemain di sektor ekonomi dan bisnis untuk turut berevolusi dan lebih fleksibel dalam menyediakan opsi pembayaranw tidak terkecuali bagi para pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah)," ujarnya pada wartawan, Selasa (30/4/2024).

Bagus menyampaikan bahwa dengan menggunakan alat pembayaran non-tunai, pencatatan transaksi yang semula bersifat non-digital dapat menjadi digital. Semua transaksi akan terekam secara otomatis di dalam sistem, meliputi tanggal dan waktu transaksi, jenis produk atau layanan, jumlah modal yang dikeluarkan, serta jumlah pembayaran dari pelanggan. 

"Kemudian untuk catatan transaksi yang lengkap juga memudahkan pelaku bisnis UMKM dalam membuat laporan keuangan. Hal itu membuat pengelolaan keuangan bisnis UMKM lebih mudah dilakukan," ucapnya.

Adapun jumlah EDC Merchant Bank BRI sebanyak 104 edc, dan total jumlah QRIS BRI dengan nilai 3.500 yang tersebarmerata di wilayah kerja Sibolga dan Kabupaten Tapteng.

"Dengan banyaknya alat-alat transaksi non tunai yang tersebar di berbagai segmen bisnis yakni seperti di usaha perhotelan, cafe, rumah makan, toko elektronik, ruko sembako, SPBU, klinik kecantikan, ruko percetakan, dan lain sebagainya," sebutnya. (rizki)

Komentar Anda

Terkini