PT Inalum Berikan Fasilitas Energi Mandiri Pembangkit Listrik Tenaga Surya Kepada Pelaku Usaha UMKM

Selasa, 30 April 2024 / 14.42

PT Inalum memberikan fasilitas Energi Mandiri Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) secara gratis kepada Kelompok Tani Cinta Mangrove Pantai Sejarah binaan PT Inalum di Dusun I Desa Perupuk, Kecamatan Lima Puluh Pesisir Kabupaten Batu Bara. (ft-ist)

BATUBARA, KLIKMETRO.COM - Dalam upaya mendorong  peningkatan ekonomi masyarakat di sektor UMKM, PT Inalum memberikan fasilitas energi mandiri Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) secara gratis berkapasitas 2750 Watt kepada Kelompok Tani Cinta Mangrove Pantai Sejarah binaan PT Inalum yang berada di Dusun I Desa Perupuk, Kecamatan Lima Puluh Pesisir Kabupaten Batu Bara, Senin (29/4/2024). 

Pemberian bantuan ini bertujuan sebagai dukungan PT Inalum untuk meningkatkan hasil budidaya perikanan darat secara maksimal yang dikelola kelompok binaan tersebut. 

Sehingga pelaku usaha dapat mengkonsumsi energi listrik secara gratis, tidak lagi terbebani dengan biaya listrik dan dapat memberikan energi listrik pada pompa air/ lampu dan aerator atau penggerak air didalam akuarium agar air nya kaya akan oksigen terlarut yang sangat dibutuhkan oleh semua ikan air tawar dan air laut. 

Dalam kesempatan itu, PT Inalum kali ini memberikan manfaat kepada masyarakat Batu Bara sekaligus sebagai bentuk dukungan kepada pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) menyasar pelaku usaha perikanan daratan. 

Budidaya perikanan tersebut memiliki 6 kolam Bioflok dengan luas 3 meter dan mampu memelihara 3000 ekor ikan Lele dan 2500 ikan Nila secara serentak dengan masa panen yang berbeda-beda. 

Ketika masa pergantian air tiba, maka air yang sudah menjadi limbah tidak dibuang, namun akan dialirkan ke lokasi penanaman serai sehingga tanah dan tanaman serai menjadi subur. 

Sementara itu, Azizi Kail sebagai Ketua Kelompok Tani Cinta Mangrove Pantai Sejarah mengucapkan terimakasih kepada PT Inalum yang telah memberikan dukungan moril dan materil kepada masyarakat, ujarnya. 

"Kami berharap agar PT Inalum akan terus memberikan dukungan lainnya kepada masyarakat Batu Bara" tutup Azizi Kail. (dani)

Komentar Anda

Terkini