Jelang Idul Adha 1445 H, DKP3 Kota Medan Diminta Tingkatkan Pengawasan Terhadap Hewan Kurban

Jumat, 07 Juni 2024 / 19.49

Anggota DPRD Medan Syaiful Ramadhan. (ft-ist)

MEDAN, KLIKMETRO.COM - Anggota Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD)  Medan Syaiful Ramadhan minta kepada Pemerintah Kota (Pemko) Medan dalam hal ini Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) meningkatkan pengawasan terhadap hewan kurban yang masuk ke  Kota Medan.

“Mengingat dalam dua pekan mendatang, umat Islam akan merayakan Hari Raya Idul Idha 1445 H, maka DKP3 diminta melakukan pengawasan terhadap setiap hewan kurban yang masuk ke  Kota Medan,”ujar Syaiful, Jumat (7/6/2024).

Hal ini kata Syaiful perlu dilakukan guna memastikan ketersedian daging kurban yang sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

Sebab lanjut Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (F-PKS) DPRD Medan ini, setiap menjelang Hari Raya Idul Adha atau yang dikenal dengan sebutan hari raya kurban tersebut, permintaan hewan kurban meningkat.

Dikatakan Syaiful, penyakit yang rentan diendap pada hewan sapi adalah penyakit mulut dan kuku (PMK) dan ini sangat berbahaya jika dikonsumsi.

Jadi guna memastikan hewan-hewan yang masuk tersebut bebas dari penyakit, maka DKP3 harus melakukan pengawasan secara terhadap setiap hewan kurban yang masuk tersebut.

Demikian juga dengan Dinas Kesehatan (Dinkes)  Kota Medan Medan juga harus turun memeriksa kesehatan terhadap hewan-hewan kurban tersebut.

“Dinkes  Kota Medan Medan juga harus bisa memastikan hewan-hewan kurban tersebut aman dikonsumsi,” tandas Syaiful. (mar)

Komentar Anda

Terkini