Polres Tebing Tinggi Pengamanan Peringatan Haul ke-127 Datuk Bandar Kajum

Sabtu, 08 Juni 2024 / 19.31

Polres Tebing Tinggi melakukan pengamanan pafa peringatan Haul ke 127 Datuk Bandar Kajum, Sabtu (8/6/2024). (ft-ist)

TEBING TINGGI, KLIKMETRO.COM - Untuk memberikan rasa aman dan nyaman pada peringatan Hari Ulang Tahun (Haul) ke-127 tokoh pendiri Kota Tebingtinggi, yakni Datuk Bandar Kajum, dengan itu Polres Tebingtinggi menurunkan personelnya untuk melakukan pengamanan.

Kegiatan berlangsung di Komplek Pemakaman Keluarga Datuk Bandar Kajum Jalan Datuk Bandar Kajum Kota Tebingtinggi, Sabtu (8/6/2024), dengan mengusung tema "Mempererat Ukhuwah dan Tali Persaudaraan, Untuk Menjaga dan Melestarikan Sejarah Tebingtinggi".

Mengawali sambutannya, Keluarga Generasi ke 5 Datuk Bandar Kajum H. Datuk Dhody Thahir, SE menyampaikan dalam peringatan Haul atas wafatnya sang utusan Sultan Siak pendiri kota Tebingtinggi yaitu Panglima Haji Abdul Karim gelar Datuk Bandar Kajum yang ke 127 tahun 2024, memohon izin selaku generasi ke-5 Datuk Bandar Kajum mewakili seluruh keturunan untuk mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Walikota beserta seluruh undangan sekalian yang telah berkenan hadir dalam acara ini. 

"Peringatan Haul Ini adalah sebuah agenda zuriat Datuk Bandar Kajum yang senantiasa akan terus dilaksanakan setiap tahunnya walau sempat terhenti beberapa waktu belakangan selain untuk mendapat berkah dari Allah SWT dengan mendoakan para leluhur yang telah berpulang dan sebagai momentum pemersatu masyarakat bersama seluruh unsur pemerintah untuk bersama-sama bergandengan tangan membangun kota Tebingtinggi sebagai kota yang maju dan sejahtera," paparnya.

Pada kesempatan yang sama, Pj. Walikota Tebingtinggi diwakili Plt. Sekda Kota Tebingtinggi H. Kamlan Mursid, SH, MM, menuturkan dalam kegiatan Haul wafatnya Datuk Bandar Kajum ke 127 adalah untuk mengenang sejarah beliau dapat menjaga kedaulatan dan menjunjung tinggi keadilan yang terbentang cukup jauh pada zaman dahulu hingga zaman sekarang.

"Datuk Bandar Kajum membangun sebuah pemukiman dan saat ini menjadi komplek pemakaman beliau yang kita hadir saat ini untuk memperingati haul Datuk Bandar Kajum dan mengambil pelajaran Hikmah yang telah berperan selama ini di Kota Tebingtinggi. Mari kita teladani sikap hidup beliau yang pemberani dan aktif untuk membangun kota Tebingtinggi ini dan dan memiliki jiwa korsa, semoga Allah SWT merahmati kita dan selalu dalam lindungan Nya. Amin yaa rabbal'alamin," tuturnya.

Sementara itu, Pj. Gubsu diwakili Kadis PMD dan catatan sipil Provsu H. Parlindungan Pane, SH, M.Si mengatakan Provinsi Sumatera Utara mengucapkan apresiasi yang setinggi-tingginya yang saat ini terselenggara Haul Datuk Bandar kajum yang ke- 127 di Kota Tebingtinggi.

Ditempat Datuk Bandar Kajum inilah cikal bakal jadinya Kota Tebingtinggi, dan untuk itu mari kita telaah sebagai bahan pengingat kita kembali kepada sejarah dan salah satu tokoh penting Kota Tebingtinggi sekaligus diperjelas lagi identitas Kota Tebingtinggi.

"Terima kasih kepada seluruh pihak yang mendukung mensukseskan acara ini dengan harapan semoga pelaksanaan ini menjadi ladang ibadah dan mengapresiasi Datuk Bandar Kajum dalam memajukan Kota Tebingtinggi yang kita cintai ini, semoga Allah SWT Tuhan yang maha kuasa senantiasa memberikan petunjuk dalam upaya kita mensejahterakan Sumatera Utara khususnya Kota Tebingtinggi," pungkasnya. 

Hadir dalam kegiatan, Pj Gubernur Sumut (Gubsu) yang diwakili Kadis PMD dan Catatan Sipil Provsu H. Parlindungan Pane, S.H, M.Si dan Pj Walikota Tebingtinggi diwakili Plt. Sekda H. Kamlan Mursyid, S,H, MM, Walikota Medan diwakili Asisten I Pemerintahan Kota Medan, Datuk 4 suku Kesultanan Deli dari Medan yaitu Datuk Sunggal, Datuk Sepuluh Dua Kuta, Datuk Suka Piring, Datuk Senembah, Datuk dari Serdang Bedagai Datuk Khairul.

Selanjutnya, Ketua Majelis Adat Budaya Melayu Indonesia (MABMI) Sumut Prof. OK Sahidin, Akademi Universitas Sumatera Utara Prof. Wan Syaifuddin, Ketua DPRD Tebingtinggi Basyarudin Nasution,S.H, MH, Kapolres Tebingtinggi diwakili Kasat Intel AKP Suparmen, mewakili Kajari, Pengadilan Negeri, Pengadilan Agama, Danramil 13, Subden Pom, Danyon B Sat Brimob, Kalapas Kelas II B, pimpinan Bank di Kota Tebingtinggi, BUMN dan BUMD se Kota Tebingtinggi, OPD Tebingtinggi, Rumpun Zuriat Diraja Melayu Negeri Padang, Tokoh Lintas Agama, Ormas, Tokoh Pemuda, dan Tokoh Masyarakat se-kota Tebingtinggi. (ar)

Komentar Anda

Terkini