Warga Medan Kecewa, Listrik Padam Hingga 4 Jam Lebih

Rabu, 05 Juni 2024 / 19.43

Ilustrasi. (ft-ist)

MEDAN, KLIKMETRO.COM - Pemadaman listrik terjadi sejumlah wilayah Kota Medan selama 2 hari terakhir, Selasa - Rabu (5-6/6/2024). Bukan sebentar, namun berlangsung hingga 4 jam sehingga menimbulkan keresahan dan kekecewaan di kalangan masyarakat.

Seperti yang dialami warga di Jalan Air Bersih, Kelurahan Sudirejo I Kecamatan Medan Kota, Rabu (5/6), listrik padam mulai pukul 09 pagi, dan Kembali normal berkisar pukul 13.00 wib. Aktifitas memasak yang menggunakan listrik menjadi terganggu. Tak hanya itu saja, perangkat elektronik pun tak bisa digunakan, seperti handphone, computer dan lainnya karena membutuhkan energi listrik. 

"Dari pagi listrik mati sampai siang gak hidup juga. Udah bolak-balik ditelpon ke call center PLN 123, tapi tetap juga listrik padam. Panas gini, hape lowbet gak bisa dicas. Makin kesal dengan PLN," keluh Hafsyah, warga Jalan Air Bersih.

Pengusaha fotokopi maupun warnet terkena imbas pemadaman, karena usaha mereka menjadi terganggu akibat padamnya listrik.

Hal itu juga terjadi di Kelurahan Tanah Enam Ratus, Kecamatan Medan Marelan Kota Medan. Listrik padam sedari pukul 17.00 wib, hingga malam listrik belum hidup.

Sementara sehari sebelumnya, Selasa (4/6/2024), pemadaman juga terjadi dengan rentang Waktu 4 jam lamanya. Seperti di kawasan Marelan, Medan Johor, Medan Denai, Tembung dan sekitarnya. 

Pemadaman terjadi mulai sore, ada juga yang padam sejak pukul 21.00 wib hingga dinihari. Ditengarai pemadaman terjadi akibat pemadaman bergilir yang dilakukan pihak PT PLN (persero).

Terkait hal ini, Manager ULP PLN Selatan Oktavo Naibaho ang coba dikonfirmasi melalui telepon WhatsApp dan pesan, tak memberikan tanggapan apapun.

Sementara melalui keterangan tertulis, Manager Komunikasi & TJSL Unit Induk Distribusi Sumut, Surya Sahputra Sitepu menyebutkan pemadaman terjadi karena adanya gangguan pada jaringan Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) 275 kV Linggau-Lahat.

Sistem transmisi ini merupakan jaringan interkoneksi yang terhubung dengan sejumlah wilayah di Sumatra.

“Hingga Rabu pukul 01.00 WIB, lebih dari 90 persen atau lebih dari 2 juta pelanggan yang terdampak pemadaman di wilayah Sumut telah kembali menyala. Secara bertahap, penormalan dilanjutkan ke jaringan distribusi pelanggan lain yang masih terdampak padam,” jelas Surya kepada wartawan melalui keterangan tertulisnya, Rabu (5/6/2024). (mar)

Komentar Anda

Terkini