Pengeboran Minyak di Aceh Meledak, 10 Orang Tewas

Rabu, 25 April 2018 / 09.19
Lokasi pengeboran minyak terbakar. Foto int
ACEH, KMC - Sumur pengeboran minyak yang dikelola masyarakat Desa Pasir Putih, Kecamatan Ranto Peureulak, Kabupaten Aceh Timur, Propinsi Aceh, terbakar, Rabu (25/4/2018) sekira pukul 02.00 dini hari.

Informasi dari kepolisian menyebutkan, peristiwa naas itu terjadi saat dilakukan pengeboran minyak di Jalan Pendidikan Dusun Kamar Dingin Ds. Pasir Puteh Kecamatan Rantau Peureulak Kab. Atim yang diperkirakan kedalaman pengeboran sekitar - + 250 Meter di dalam bumi mengalami kelebihan produksi hasil minyak mentah.

Ditengarai akibat kelebihan produksi (nembak minyak) tersebut banyak masyarakat yang melakukan pengumpulan minyak disekitar sumur bor tersebut untuk dikumpulkan ke dalam drum (tempat penampungan minyak).

Tak nyana, sekira pukul 01.30 wib tiba-tiba muncul percikan api disekitar lokasi sumur bor dan langsung menyambar di seputaran lokasi pengeboran dan penampungan minyak.

Semburan api yang besar mengakibatkan puluhan orang yang berada disekitar lokasi mengalami kebakaran dan diperkirakan korban tidak sempat menyelamatkan diri pada saat kejadian.

Selanjutnya pukul 02.30 wib, 2 unit mobil pemadam kebakaran dari wilayah Peureulak tiba dilokasi kejadian membantu untuk memadamkan semburan api.

Sementara korban tewas maupun luka dievakuasi di Rumah Sakit Abdul Azis Perlak dan Rumah Sakit Jubir Mahmud di Kabupaten Aceh Timur.

Informasi sementara yang dihimpun wartawan, diperkirakan 10 korban meninggal dunia dan puluhan lainnya menderita luka bakar.

Kapolres Aceh Timur, AKBP Wahyu Koncoro melalui Kapolsek Ranto Peureulak, Iptu Musa yang dikonfirmasi membenarkan terjadinya kebakaran sumur pengeboran minyak tersebut.

 "Kita masih terus membantu korban dan nanti setelah usai didata seluruhnya akan diinformasikan kepada rekan-rekan media, mohon doa dan bersabar," ucapnya. (riz/int)
Komentar Anda

Terkini