Tinjau Jalan Longsor, Dewan Minta PU Segera Perbaiki

Selasa, 10 Juli 2018 / 03.48
MEDAN, KMC - Sekira 25 Kepala Keluarga (KK) di Gang Nabar, Kelurahan Kwala Bekala, Kecamatan Medan Johor nyaris terisolir akibat jalan selebar 7-8 meter yang berada di pinggir Sungai Babura longsor.
Kabar itu mengundang kedatangan Anggota DPRD Medan Drs Proklamasi K Naibaho yang datang meninjau lokasi. Bencana longsor terjadi Senin dinihari (9/7/2018) sekira pukul 03.00 wib.
Usai meninjau lokasi jalan longsor, Wakil Ketua Komisi A DPRD Medan ini segera menghubungi Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) II untuk penanganan longsor tersebut.
Proklamasi dalam kesempatan itu meminta agar Pemko Medan melalui Dinas PU untuk segera memperbaiki jalan tersebut agar warga bisa mempergunakannya.
"Karena jalan itu merupakan akses mereka keluar dari lokasi itu. Perbaikan harus dilakukan secepatnya agar masyarakat jangan lama terisolir, "ujar Wakil Ketua Komisi A ini didampingi Lurah Kwala Bekala Sintong dan kepling setempat.
Tidak lama kemudian pihak BWSS turun ke lokasi dan melakukan pemeriksaan. Pengawas Lapangan yang hadir, Sandri Napitupulu kepada lurah mengatakan melihat kondisinya, ini bukan merupakan tanggungjawab pihaknya. BWSS hanya menangani perbaikan seputar sungai. Walaupun begitu, pihaknya akan berkoordinasi dengan PU Medan agar melakukan perbaikan terhadap jalan yang longsor. 
Menurut Kepling, jalan tersebut dibangun 12 tahun lalu. Di sebelah kiri jalan merupakan saluran drainase dan kondisinya cukup dalam yang menampung air dari Gang Ternak sekitarnya. Kemudian melalui gorong-gorong disalurkan ke Sungai Babura.
Lurah Kwala Bekala dalam kesempatan itu juga menegaskan pihaknya segera bertindak melakukan koordinasi dengan kecamatan dan dinas terkait. “Jalan ini harus segera diperbaiki agar warga dapat beraktifitas seperti biasanya,: ujarnya mengakhiri.
Selanjutnya Proklamasi meninjau pohon tumbang di Jalan Bunga Kenanga, Kelurahan PB Selayang II, Kecamatan Medan Selayang. (mr/dip)
Komentar Anda

Terkini