PWI Sumut Gelar UKW, Siapkan Wartawan Profesional dan Berkompeten

Rabu, 12 Desember 2018 / 19.36
MEDAN, KMC - Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat yang diwakili Ketua bidang organisasi, Firdaus mengingatkan agar wartawan tetap dapat meningkatkan kinerja yang profesional dan kompetensi serta bemartabat. Ke depan, tugas wartawan semakin berat seiring munculnya media sosial Facebok maupun Instragram.

“Untuk itu, lewat Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) kita dituntut harus lebih berani menghadapi tantangan itu dan tetap menjadi wartawan yang profesional dan kompeten,” ujar Firdaus saat memberikan sambutan pembukaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan XXII-XIII Tahun 2018 yang diselenggarakan PWI di hotel Garuda Plaza Medan, Rabu-Kamis (12-13/12/2018).

Menurut Firdaus, penyelenggaraan UKW adalah kewajiban PWI menciptakan wartawan yang handal dak kompeten. “Sehingga wartawan PWI dan yang telah lulus kompeten dapat menjadi teladan,” ujar Firdaus.

Untuk itu tambah Firdaus, PWI akan tetap bekerjasama dengan pemerintah menyelenggarakan UKW. Dikatakan, saat ini anggota PWI diseluruh Indonesia sudah 10.189 orang yang sudah lukus kompetensi.

Sementara itu, Ketua PWI Sumut, H Hermansyah mengatakan, dengan mengikuti UKW sehingga terjamin kualitas wartawan yang profesional dan kompeten.

Dikatakan, dilakukannya UKW untuk meningkatkan profesional wartawan. Sehingga profesi wartawan yang sesungguhnya tidak ditumpangi oknum diluar wartawan. “Ke depan profesi wartawan tidak tercemar oleh oknum yang tidak bertanggungjawab,” sebut Hermansyah.

“Kita harapkan, UKW merupakan gerbang terakhir sebagai wartawan yang bermartabat,” ujar Hermansyah seraya mengajak seluruh wartawan dapat menjaga profesi lebih bermartabat.

Mewakili Gubsu, Kadis Kominfo Pemerintah Sumatera Utara (Pempropsu) H Fitrius dalam sambutannya mengatakan, UKW digelar agar wartawan dapat bekerja dengan baik dan sesuai aturan. "Kita berharap wartawan bekerja secara profesional dan lebih berkompeten, untuk mendukung percepatan pembangunan lebih baik,”kata Fitrius. (mr/riz)
Komentar Anda

Terkini