-->

Pemko Medan dan Kodam I/BB Bersihkan Sungai Kera

Kamis, 28 Maret 2019 / 18.07
Aksi bersih-bersih Pemko Medan dan Kodam I/BB di Sungai Kera.
MEDAN, KMC - Aksi bersih-bersih Pemko Medan dengan Kodam I/BB kembali berlanjut, Kamis (28/3/2019). Setelah Sungai Bedera, kali ini yang menjadi fokus  pembersihan adalah Sungai Kera. Pasalnya, Sungai Kera kini mengalami pendangkalan akibat banyak dipenuhi sampah. Kondisi itu menyebabkan kawasan  yang dialiri sungai itu rentan  meluap ketika hujan deras turun sehingga menggenangi jalan dan rumah warga.

Ada lima kecamatan yang ikut terlibat dalam aksi bersih-bersih karena wilayahnya dilintasi Sungai Kera. Kelima kecamatan itu masing-masing Medan Area, Medan Perjuangan, Medan Tembung, Medan Barat serta Medan Timur. Selain jajaran lima kecamatan, aksi bersih-bersih juga menurunkan personil Petugas Pemeliharaan Prasarana dan Sarana Umum (P3SU) beserta aparat TNI.

Pembersihan dimulai sekitar pukul 07.30 WIB, sebelum pembersihan dilakukan seluruh personel yang terlibat lebih dulu menggelar apel di wilayahnya masing-masing. Selain menggunakan peralatan manual seperti cangkul, arit serta  penggaruk, pembersihan juga didukung alat berat untuk memaksimalkan proses pembersihan, terutama mengangkut sampah yang menutupi permukaan sungai serta mobil penyedot lumpur.

Aksi pembersihan dimulai dari Jalan Wahidin, seluruh personel yang terlibat dalam aksi bersih-bersih ini bahu membahu mengangkat sampah yang menutupi permukaan Sungai Kera. Selain sampah, lumpur yang menjadi penyebab pendangkalan juga dikorek, termasuk sejumlah pohon dan semak belukar yang tumbuh di sungai. Berkat kerjasama yang dilakukan, sampah yang menutupi permukaan sungai langsung diangkut.

Sementara itu Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH menjelaskan, aksi bersih-bersih dilakukan sebagai langkah awal upaya normalisasi sungai-sungai yang melintasi Kota Medan. Pasalnya, sungai-sungai yang ada telah mengalami penyempitan dan pendangkalan.

‘’Ini menjadi kesepakatan bersama antara Pemko Medan dan Kodam I/BB. Kegiatan bersih-bersih akan terus kita lakukan di sejumlah titik di Kota Medan sebelum dilakukannya normalisasi. Sebab, kita melihat kondisi sungai di seputaran Kota Medan kondisinya kian memprihatinkan,’’ kata Wali Kota.

Untuk itu, Wali Kota berharap kepada semua pihak untuk turut membantu dan mendukung upaya Pemko Medan bersama Kodam I/BB mewujudkan Kota Medan menjadi Kota yang bersih dan asri. Sebab, sebesar dan sekuat apapun upaya Pemko Medan untuk Medan bersih tidak akan terwujud tanpa dukungan dari masyarakat. (rel)
Komentar Anda

Terkini