Waspadai Kosmetik Ilegal Beredar di Medsos

Selasa, 23 April 2019 / 13.52
Waspadai kosmetik ilegal. Ft/in
MEDAN, KMC - Masyarakat diminta meningkatkan kewaspadaan terhadap maraknya peredaran kosmetik ilegal di media sosial (medsos) maupun internet. Apalagi kosmetik ini sangat berbahaya bagi kesehatan.

Hal ini disampaikan Kepala Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) di Medan, Drs Yulius Sacramento Tarigan Apt, kemarin.

Dia mengakui, pihaknya sulit melakukan penindakan. Apalagi penjualanan sudah merambah secara online dengan penggunaan internet.

"Kami sulit melakukan penindakan terhadap peredaran obat, makanan dan kosmetik ilegal. Tapi kami akan terus melakukan pengawasan, karena ini berbahaya bagi kesehatan,"kata Yulius seraya menambahkan, kosmetik ilegal tidak terdaftar di BBPOM sehingga diragukan keasliannya.

"Sasaran pasar kosmetik ilegal ini adalah kaum milenial karena penjualannya melalui media sosial. Begitu juga ibu rumah tangga. Kami berupaya melakukan sosialisasi tentang bahayanya pemakaian obat dan makanan yang tidak ada label BBPOM, termasuk kosmetik. Sosialisasi ini dilakukan mulai ke sekolah dan kampus hingga ke pelosok desa,” ujarnya.(mar/n)
Komentar Anda

Terkini