Sinabung Erupsi, Semburan Awan Panas Mengintai, Masyarakat Diminta Waspada

Minggu, 09 Juni 2019 / 18.13
Gunung Sinabung kembali erupsi menyemburkan abu vulkanik.
TANAHKARO, KMC - Gunung Sinabung yang terletak di Tanah Karo, Provinsi Sumatera Utara, kembali erupsi menyemburkan awan panas, Minggu (9/6/2019) sekira pukul 16.28 wib. 

Masyarakat dihimbau agar waspada dan menggunakan masker.
Masyarakat diminta waspada semburan awan panas.

Berdasar informasi yang diperoleh dari Badan Geologi, PVMBG Pos Pengamatan Gunungapi Sinabung, erupsi Gunung Sinabung dengan tinggi kolom abu teramati ± 7.000 m di atas puncak (± 9.460 m di atas permukaan laut). Kolom abu teramati berwarna hitam dengan intensitas tebal condong ke arah selatan. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 120 mm dan durasi ± 9 menit 17 detik.

Terjadi awan panas ke arah tenggara 3,5 km dan selatan 3 km serta terdengar suara gemuruh sampai ke pos pengamatan gunungapi sinabung

Saat ini Gunung Sinabung berada pada Status Level III atau siaga. Direkomendasikan agar masyarakat dan pengunjung/wisatawan tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius radial 3 km dari puncak G.Sinabung, serta radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara.

Selain itu, jika terjadi hujan abu, masyarakat dihimbau memakai masker bila keluar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik. Mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh.

Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar. (mar/rel)
Komentar Anda

Terkini