Akhyar Harap Status RSUD Dr Pirngadi Jadi Rumah Sakit Pendidikan Kelas A

Kamis, 18 Juli 2019 / 22.58
Wakil walikota menerima kunjungan Tim Visitasi Dirjen Pelayanan Kesehatan Kementrian Kesehatan RI di RSU Pirngadi.
KLIKMETRO.com, MEDAN - Wakil Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi  berharap,  visitasi (kunjungan) yang dilakukan Direktorat Jenderal (Dirjen) Pelayanan Kesehatan Kementrian Kesehatan Republik Indonesia  ke RSUD Dr Pirngadi Medan dalam rangka perpanjangan penetapan sebagai rumah sakit pendidikan utama dapat memberikan hasil yang memuaskan. Dengan demikian rumah sakit milik Pemko Medan  yang saat ini masih berstatus  rumah sakit pendidikan kelas B  bisa meningkat statusnya menjadi kelas A.

“Semoga dengan visitasi yang dilakukan, hasilnya memuaskan sehingga RSUD Dr Pirngadi yang selama ini berstatus rumah sakit pendidikan kelas B bisa meningkat kelasnya menjadi A, sehingga dapat membawa  manfaat dalam peningkatan mutu pendidikan mahasiswa kedokteran yang belajar di RSUD Dr Pirngadi,” kata Wakil Wali Kota  ketika menerima kunjungan Tim Visitasi Dirjen Pelayanan Kesehatan Kementrian Kesehatan RI di RSUD Dr Pirngadi Medan, Kamis (18/7/2019).

Wakil Wali Kota mengungkapkan, RSUD Dr Pirngadi yang didirikan 11 Agustus 1928 itu merupakan rumah sakit kebanggaan warga Kota Medan.  Sudah banyak dokter terbaik dan berprestasi di bidang kemedisan dihasilkan rumah sakit  yang pada masa pemerintahan kolonial Belanda  diberi nama Gementa Zieken Huis tersebut.

Sekaitan dengan kedatangan Tim Visitasi Dirjen Pelayanan Kesehatan  RI, Wakil Wali Kota tak lupa memberikan apresiasi kepada para dokter klinis dan seluruh pengajar di RSUD Pirngadi yang selama ini telah memberikan pengabdian dalam mencerdaskan generasi penerus bangsa yang akan menjadi dokter, dokter spesialis, perawat, bidan maupun tenaga kesehatan lainnya.

Visitasi ini dilakukan setelah RSUD Dr Pirngadi dipercaya kembali sebagai rumah sakit pendidikan oleh Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara (UISU).  Oleh sebab itu Tim Visitasi Dirjen Pelayanan Kesehatan Kementrian Kesehatan RI melakukan visitasi sekaligus penilaian untuk memperpanjang penetapan  RSUD Dr Pirngadi menjadi rumah sakit pendidikan.

Kedatangan Tim Visitasi Dirjen Pelayanan Kesehatan Kementrian Kesehatan  RI dipimpin Dr Tengku Jumala Sari didampingi Prof Nanan Sekarwana SpA (K), Dr Yani Istadi, Drg Cristiana serta Basar Febriano. Dikatakan Jumala Sari, saat ini RSUD Dr Pirngadi merupakan rumah sakit pendidikan Kelas B. Agar statusnya meningkat menjadi Kelas A,  ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi akreditas rumah sakit.

”Alhamdulillah RSUD Dr Pirngadi sudah memproleh akreditas paripurna. Prestasi yang telah diraih ini harus terus dipertahankan bahkan di tingkatkan lagi. Jangan sampai merosot, sebab  ada 8 rumah sakit pendidikan yang turun kelas,” harap Jumala Sari. (mar/rel)
Komentar Anda

Terkini