Canangkan Sibandang Green Island, Mati Listrik PLN Didenda

Jumat, 05 Juli 2019 / 20.25

Wagubsu Musa Rajekshah pada acara pencanangan program “Sibandang Green Island”. Peresmian tersebut dilakukan di Kantor PLN UIW Sumut, Jalan Yos Sudarso, Medan.

KLIKMETRO.com, MEDAN – Dalam rangka mewujudkan iklim investasi dan pariwisata di Sumatera Utara (Sumut), Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut dan PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Sumut bekerja sama mencanangkan program “Sibandang Green Island”. Peresmian program tersebut dilakukan di Kantor PLN UIW Sumut, Jalan Yos Sudarso, Medan, Jumat (5/7/2019), yang ditandai dengan penekanan tombol sirene dan penandatanganan prasasti.

Program ini bertujuan untuk menjadikan Pulau Sibandang sebagai daerah tujuan wisata yang bebas polusi dengan penggunaan listrik yang bersumber dari energi terbarukan atau Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Pulau Sibandang adalah salah satu pulau yang berada di Danau Toba, selain Samosir. Lokasinya berada di wilayah Tapanuli Utara. Pulau ini memiliki potensi wisata yang masih bisa dikembangkan.

“Ini jadi hal menarik, program ini bisa menjadi promosi wisata yang menarik karena Green Island Sibandang bebas polusi,” kata Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah, usai acara.

Diharapkan juga ke depan ada daerah wisata lainnya di Sumut yang bisa dijadikan sebagai daerah bebas polusi. Sumut sangat berpotensi karena banyak pulau. “Mudah-mudahan dengan ini penduduk Sumut pun semakin semangat berkunjung ke Danau Toba,” ujarnya.

Selain program Green Island, program pelayanan prioritas juga nantinya akan sangat membantu masyarakat yang ada di pulau tersebut. Kata Wagub, dengan layanan tersebut, PT PLN menjamin di pulau tersebut tidak akan mati listrik. Jika terjadi mati listrik, PT PLN siap membayar denda.

“Tadi kita dengar bahwa layanan ini dijamin tidak akan mati lampu, kalau mati lampu, PLN akan membayarkan dendanya itu kepada masyarakat,” kata Wagub.

Wagub berharap, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) lain yang ada di Sumut bisa mengikuti langkah PLN. Terutama dalam hal memberikan inovasi dan pelayanan terbaiknya kepada masyarakat. “Mudah-mudahan inovasi yang baik mudah-mudahan ini diikuti oleh BUMN lain,” katanya.

Sementara itu, General Manager PLN UIW Sumut Febry Joko Priharto mengharapkan energi terbarukan dapat berperan besar dalam penyediaan listrik di Sumut. Apalagi Sumut adalah daerah yang memiliki energi terbarukan yang melimpah seperti air dan panas bumi.

“Kita harapkan semakin besar peran energi terbarukan untuk mendukung sistem kelistrikan di Sumut,” ujar Feby.

Green Island Sibandang merupakan daerah yang dipilih sebagai pilot project di Sumut. Menurut Feby, Pulau Sibandang memiliki ukuran yang cukup pas sebagai pilot project. Jika berhasil, tidak akan menutup kemungkinan program Green Island juga akan dilakukan di tempat lain, seperti Pulau Samosir yang dekat dengan beberapa pembangkit listri lainnya, termasuk Sarulla.

Kata Feby, saat ini komposisi energi terbarukan di Sumut telah mencapai 25 %. Diharapkan masyarakat Sumut mulai beralih ke peralatan listrik yang ramah lingkungan. Mulai dari peralatan rumah tangga, industri, hingga kendaraan listrik, untuk menekan polusi.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Provsu Effendy Pohan, dan Plt Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Hasmirizal Lubis. (mar/rel)
Komentar Anda

Terkini