Kota Tebing Tinggi Terima Penghargaan TPID Teladan

Senin, 07 Oktober 2019 / 18.16
Gubsu Edy Rahmayadi memberikan penghargaan TPID Teladan bagi Pemko Tebing Tinggi.
MEDAN, KLIKMETRO - Walikota Tebing Tinggi ir H. Umar Zunaidi Hasibuan MM diwakili Sekretaris Daerah Kota Tebing Tinggi Marapusuk Siregar menerima penghargaan TPID Teladan yang diserahkan oleh Gubernur Sumutra Utara H.Edy Rahmayadi, di Medan, Senin (7/10/2019).

Dalam sambutannya, Gubsu H Edy Rahmayadi mengibaratkan menjaga laju inflasi seperti mengendalikan tensi darah di tubuh manusia. Sehingga dia meminta seluruh pihak bisa menggeluti persoalan harga komoditi tertentu, khususnya cabai merah, bawang, daging ayam dan lainnya.

“Saya ingatkan soal inflasi, khususnya di kabupaten/kota. Itu seperti pengukur tensi. Tidak bisa tinggi, tak bisa juga terlalu rendah,” ujar Gubernur membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) se-Sumut sekaligus pemberian penghargaan TPID Award kepada kabupaten/kota. 

Kegiatan dengan tema ‘Sinergitas Informasi dan Upaya Peningkatan Produktivitas Pangan Serta Kerja Sama Perdagangan Antar Daerah di Sumut’ ini, dihadiri Kepala BI Sumut Wiwiek Sisto Widayat, Kepala BPS Sumut Syech Suhaimi, Kepala Kantor KPPU Sumut Ramli Simanjuntak, Kabulog Divre Sumut Basirun, sejumlah Kepala Daerah dan pimpinan OPD Sumut terkait.

Gubernur juga mengingatkan bahwa persoalan inflasi tidak bisa dipisahkan dari urusan pangan rakyat. Sehingga seluruh pihak berkewajiban memikirkan dan mengurusi persoalan masyarakat. Bahkan komoditi seperti cabai merah, bawang merah, bawang putih, minyak goreng, daging ayam dan lainnya yang sempat dikeluhkan masyarakat maupun para pedagang.

Sementara, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sumut Syech Suhaimi menyebutkan bahwa secara kumulatif pada tahun ini hingga Agustus, laju inflasi kumulatif berdasarkan indeks harga konsumen (IHK) se-Sumut mencapai 5,40 persen atau melebihi sasaran 4,50 persen. Dengan rincian untuk IHK Sibolga 4,96 persen, Pematang Siantar 2,49 persen, Medan 5,90 persen dan Padang Sidempuan 2,95 persen.

Kegiatan tersebut, juga diisi pemberian penghargaan ‘TPID Award' kepada sejumlah daerah seperti Kota Sibolga (TPID Terbaik Kota IHK), TPID Berprestasi seperti Karo, Pematang Siantar, Taput dan Padang Sidempuan. Serta TPID Teladan yakni Deli Serdang, Tebing Tinggi dan Medan.

Usai pembukaan, acar dilanjutkan dengan diskusi bersama TPID kabupaten/kota terkait upaya mengantisipasi laju inflasi daerah.

Pada kesempatan itu, Kabag Adm Perekononian dan Pembangunan Kota Tebing Tinggi menyebutkan, penghargaan yang diterima merupakan kali kedua. Pemko Tebing Tinggi memperoleh TPID Award Teladan dari Pemprovsu yakni tahun 2018 dan 2019. (mar)
Komentar Anda

Terkini