-->

Pemko Medan Dukung USAID IUWASH PLUSH Tingkatkan Akses Air Bersih & Sanitasi

Selasa, 05 November 2019 / 17.13
Pertemuan Multi Pihak Hasil Monitoring Partisipatif Masyarakat mendukung program USAID IUWASH PLUSH.
MEDAN, KLIKMETRO- Pemko Medan mendukung penuh program USAID Indonesia Urban Water, Sanitation and Hygiene Penyehatan Lingkungan Untuk Semua (IUWASh PLUS) dalam rangka peningkatan akses air bersih dan sanitasi. Sebab, akses air bersih dan sanitasi sangat vital dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.
Dukungan disampaikan Kepala Bappeda Kota Medan diwakili Kabid Fisik Ferry Ichsan dalam acara Pertemuan Multi Pihak Hasil Monitoring Partisipatif  Masyarakat Wilayah Hotspot Di Kota Medan Tahap II di Jalan Klambir Lima, Kelurahan Tanjung Gusta, Kecamatan Medan Helvetia, Selasa (5/11/2019).
Diungkapkan Ferry, Pemko Medan saat ini fokus memprioritaskan pembangunan akses air minum bersih dan  sanitasi. Sebab, ungkapnya, tidak sedikit warga saat ini yang belum mendapatkan akses air bersih layak dan aman serta sanitasi yang baik.
"Guna mewujudkan pembangunan akses air bersih dan sanitasi, tentunya dibutuhkan dukungan semua pihak sehingga kurangnya akan akses air bersih dan sanitasi dapat diminimalisir. Yang pasti Pemko Medan siap membantu dan memfasilitasinya," kata Ferry.
Selanjutnya Ferry mengingkatkan, pentingnya pembangunan akses air bersih dan sanitasi tidak dirasakan manfaatnya untuk saat ini saja, tetapi juga akan diwariskan kepada anak cucu ke depannya. "Itu sebabnya Pemko Medan sangat mendukung dan mengapresiasi langkah yang dilakukan IUWASH PLUS) dengan meningkatkan akses air bersih dan sanitasi bagi masyarakat di lingkungan 1 dan 2 Kelurahan Tanjung Gusta.
Selain akses air bersih dan sanitasi yang layak dan aman, Camat Medan Helvetia Andy Mario Siregar mengungkapkan, warga yang bermukim di Kelurahan Tanjung Gusta juga sangat membutuhkan upaya penanganan banjir yang kerap menerpa setiap hujan deras turun. Pasalnya, Sungai Belawan yang berdekatan dengan kelurahan tersebut belum pernah dinormalisasi sehingg mengalami pendangkalan.
Acara pertemuan multi pihak, USAID UWAISH PLUS focus membicarakan soal sanitasi, terutama menyangkut pentingnya penggunaan jamban yang aman dan layak bagi warga. Sebab, sanitasi yang kurang baik erat kaitannya dengan stunting. Oleh karenanya ada dua warga yang dihadirkan menyampaikan testimoni, keduanya mengaku membuat jamban baru secara swadaya karena mengetahui manfaatnya snagat pentiong bagi kesehatan. (rel)
Komentar Anda

Terkini