Sosialisasikan Pengurangan Plastik, Plt Wali Kota Bagikan Tumbler Gratis

Jumat, 01 November 2019 / 18.36
Plt Walikota Medan membagikan tumbler gratis pada masyarakat agar mengurangi penggunaan plastik.
MEDAN, KLIKMETRO - Sebagai bentuk sosialisasi kepada masyarakat untuk mengurangi penggunaan plastik dan Styrofoam, Plt. Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi membagi-bagikan botol air (tumbler) kepada masyarakat ketika menggelar gotong-royong bersama di Jl. Bengkel, Kelurahan Bengkel Kecamatan Medan Timur, Jumat (1/11/2019).

Dengan pemberian tumbler, Plt. Wali Kota berharap dapat mengedukasi masyarakat untuk tidak lagi menggunakan air mineral dalam kemasan sekali pakai. Sebab, sebagian besar sampah di Kota Medan didominasi sampah berbahan plastik terutama botol kemasan sekali pakai.

Selain masyarakat, Akhyar juga membagikan Tumbler kepada personil Petugas Penanganan Pra sarana dan Sarana Umum (P3SU) yang  sedang bekerja membersihkan saluran drainase, pasalnya selama ini Akhyar melihat personil P3SU sering memakai botol kemasan sekali pakai sebagai tempat air minum mereka.

"Kita harapkan dengan pembagian Tumbler ini, masyarakat mulai saat ini tidak menggunakan lagi botol kemasan sekali pakai dan beralih menggunakan tumbler. Jika semua masyarakat telah melakukan ini, kita optimis persoalan sampah dapat terkurangi secara signifikan. Disamping itu, yang lebih penting lagi, kita dapat mencegah terjadinya kerusakan lingkungan yang disebabkan sampah berbahan plastik dan Styrofoam," kata Akhyar.

Pelaksanaan gotong-royong berjalan dengan lancar, selain melibatkan jajaran Kecamatan Medan Timur, gotong-royong juga melibatkan masyarakat dan P3SU serta TNI. Selain, manual gotong-royong juga menggunakan 1 unit alat berat milik Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Medan. Berkat kerjasama tersebut, drainase maupun kawasan yang menjadi fokus gotong-royong kini bersih dari sampah.

Sebelum mengikuti gotong-royong bersama, Akhyar, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Syarif Armansyah Lubis, Kabag Tapem Rasyid Ridho Nasution, Kabag Humas Arrahmaan Pane dan Camat Medan Timur Ody Batubara lebih dahulu bersepeda memantau seputaran Kecamatan Medan Timur, selain menyapa warga, berkeliling dengan sepeda dilakukan untuk melihat langsung kondisi infrastruktur baik jalan maupun drainase serta kebersihan lingkungan. (rel)
Komentar Anda

Terkini